Cara Ini Efektif Bikin Ulat Kabur dari Sayuran Sebelum Dimasak

Oleh Sulung Lahitani pada 29 Jun 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2018, 10:22 WIB
Cara Ini Efektif Buat Ulat Kabur dari Sayuran Sebelum Dimasak

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali, saat akan memakan sayuran, kamu menemukan ulat yang tak sengaja ikut termasak. Pastinya ini membuat selera makan hilang.

Mengeluarkan ulat dari sayuran tidak segampang yang dipikirkan. Seringnya, ulat bersembunyi dengan lihai di antara sayuran. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang geli dengan ulat, membersihkan sayuran terasa lebih sulit.

Nah, beberapa tips berikut dapat membantumu menyingkirkan ulat tersebut sebelum sayuran diolah.

1. Membersihkan sela-sela sayuran

Saat membersihkan sayuran, terlebih sela-sela daun dan batangnya, beri perhatian lebih. Biasanya di bagian tersebut kotoran dan ulat lebih banyak terdapat.

2. Dicuci dengan air mengalir

Saat mencuci sayuran, usahakan menggunakan air yang mengalir. Ini akan membantu kotoran dan hewan-hewan kecil untuk luruh. Sementara untuk sayuran yang memiliki rongga seperti kangkung, beri perhatian lebih. Bisa jadi di rongga tersebut terdapat ulat dan lintah yang bersembunyi.

 

2 of 2

3. Merendam sayuran dalam air garam

Sayuran hijau (iStock)
Ilustrasi brokoli dan sayuran (iStockphoto)

Kamu juga bisa merendam sayuran dalam air garam selama beberapa menit terlebih dahulu. Kandungan garam akan membuat ulat mati dan mengapung. Setelahnya, sayuran bisa dibilas dengan air sampai bersih.

4. Merendam sayuran dalam air cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk menyingkirkan ulat dari sayuran. Cukup tambahkan 2 sdm cuka masak ke satu baskom air. Rendam sayuran selama beberapa menit dengan air cuka tersebut, baru kemudian dibilas dengan air bersih.

Penulis: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓