Sukses

Jangan Anggap Sepele, 5 Tanda pada Kaki Bisa Ungkap Masalah Kesehatan

Perhatikan kaki kalian sekarang, apakah terdapat tanda-tanda berikut ini?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bagian tubuh bisa mengungkapkan penyakit yang sedang kalian derita, meski terkadang tak kalian sadari. Salah satunya adalah kaki.

Ya, kondisi kaki yang sering kalian anggap sepele nyatanya bisa menjadi pertanda akan suatu penyakit yang sedang kalian derita.

Berikut ini ada lima tanda pada kaki yang bisa mengungkap kondisi tubuh kalian sebenarnya.

Kuku Kaki Cekung

Kuku kaki kalian cekung? Bisa jadi ini gejala Koilonychia yang menyebabkan kuku menjadi tipis secara abnormal. Cekungan biasanya akan muncul di area tengah kuku yang melesak ke dalam, sehingga pinggirnya terangkat dan memberikan tampilan bulat. Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan zat besi atau anemia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rambut di Jari Kaki Menghilang

Sekarang coba perhatikan jari kaki kalian, apakah terdapat rambut halus di area tersebut? Jika tak ada jangan dianggap sepele. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi tanda terjadinya masalah sirkulasi yang serius.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular, seperti arteriosklerosis yang menyebabkan arteri mengeras. Akibatnya, jantung kesulitan memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Saat hal ini terjadi, hati akan masuk ke mode pemulihan dan memprioritaskan distribusi darah ke organ-organ yang lebih vital, sehingga suplai darah ke organ seperti kaki jadi berkurang.

3 dari 5 halaman

Kaki Sering Dingin

Kaki dingin bisa jadi kondisi yang umum terjadi. Tapi jika kalian mengalaminya tanpa penyebab yang pasti, bisa jadi ini tanda dari disfungsi tiroid. Kasus kaki dingin ini karena nutrisi penting yang dibawa dalam pembuluh darah tak mencapai bagian kaki dengan maksimal. Tak hanya itu, kurangnya sirkulasi darah ke bagian kaki juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur kronis.

4 dari 5 halaman

Luka Tak Kunjung Sembuh

Nah, kondisi yang satu ini sering terjadi, tapi sering pula diabaikan. Jika kalian memiliki luka di kaki yang tak kunjung sembuh, bisa jadi kalian menderita diabetes.

Ketika menderita diabetes, kadar glukosa darah dan lemak akan tinggi hal ini menyebabkan trigliserida dapat merusak saraf. Akibatnya, hal ini akan menyulitkan tubuh untuk menyembuhkan luka, terutama pada kaki.

5 dari 5 halaman

Neuropati

Neuropati sensorik merusak saraf yang membawa 'pesan' pada sentuhan, rasa sakit, suhu dan sensasi lain dari kulit ke otak. Neuropati terutama memengaruhi saraf yang terletak di kaki, tetapi dalam beberapa kasus, itu dapat menyerang area lengan dan tangan juga.

Neuropati disebabkan oleh tingginya kadar glukosa darah yang berakibat pada rusaknya pembuluh darah yang memasok saraf. Hal ini mencegah nutrisi mencapai pembuluh darah yang menyebabkan hilangnya serat saraf.

Reporter:

Idho Rahaldi

Sumber: Dream.co.id

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.