Sukses

Tak Pernah Terjadi Pencurian, Desa Ini Tak Memiliki Kantor Polisi

Gimana kalian berniat pindah ke sini?

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya nyaman, semua orang tentu ingin hidup dengan aman bukan? Tindak kejahatan saat ini memang sangat marak terjadi di manapun. Tak hanya Indonesia, negara-negara lain juga mengalami hal yang sama.

Namun nyatanya bukan hal yang mustahil jika kalian ingin tinggal di sebuah daerah yang bebas dari ancaman kejahatan. Tahukah kalian bahwa ada sebuah desa cantik yang sangat aman karena tak pernah terjadi pencurian di sana.

Desa Eibenthal di Rumania memiliki predikat bebas dari pencurian dalam bentuk apapun. Di desa yang juga amat cantik ini kalian bahkan tak bisa menemukan kantor polisi. Di desa ini semua orang tinggal dengan damai dan menghormati satu sama lain, tak heran jika angka kriminal di Eibenthal sangat kecil.

Warga di desa ini pun bisa tenang menaruh uang di dalam tas maupun membiarkannya di pinggir jalan untuk pengantar roti yang biasanya akan menaruh uang kembalian dalam tas yang menggantung di lampu pos atau pagar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Pernah Ada Pencurian dalam 20 Tahun

Belum ada catatan kehilangan uang atau roti di desa ini selama kurun waktu 20 tahun. Ternyata hal ini berawal pada tahun 1996 di mana warga lokal mulai menaruh uang di dalam tas yang kemudian digantung di luar rumah untuk pengantar roti

.Pada revolusi yang terjadi di tahun 1989, toko roti setempat tutup dan orang-orang harus selalu siap menanti kedatangan truk dari desa lain yang berjarak 20 kilometer yang datang setiap 2 hari sekali. Pada satu waktu seseorang muncul dengan ide meninggalkan uang beserta catatan untuk pengantar roti di pinggir jalan.

Warga setempatpun sadar kalau mereka tidak akan mencuri satu dengan yang lainnya. Bahkan kalaupun ada orang jahat yang datang dari luar desa, mereka akan lebih banyak menghabiskannya untuk bensin daripada mencuri uang warga setempat.

Reporter: Lanny Kusumastuti

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.