Sukses

Kisah Amalia, Dokter Berhati Malaikat yang Berjuang di Pedalaman Papua

Wanita yang berprofesi sebagai dokter ini berbagi pengalaman dirinya ketika menjadi tenaga medis di pedalaman Papua. Penasaran dengan kisahnya?

Liputan6.com, Jakarta - Amalia Usmaianti, namanya mungkin masih asing. Namun, baru-baru ini sosoknya telah mencuri perhatian warganet. Amalia yang berprofesi sebagai dokter ini bertugas sebagai tenaga medis di pedalaman Boven Digoel, Papua.

Dokter muda lulusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini mencuri mampu menjadi sorotan publik usai membagikan kisahnya berjuang menjadi tenaga medis di pedalaman Papua.

Tentu banyak rintangan yang dihadapi Amalia. Melalui laman Facebook-nya, dokter Amalia membagikan kisahnya ketika dirinya harus membawa pasien dengan jarak tempuh 16 km menggunakan tandu.

 

"Saya beri terapi di tengah jalan. Pasien masih di bopong berjalan, 400 meteran jalan, pingsang, kami membuat tandu untuk mengangkat pasien. Mau kembali ke puskesmas jarak lebih jauh dan hari mulai gelap, takut kemalaman dan banyak ular. Jadi kami lanjut ke desa Tembutka," cerita yang ditulis dokter Amalia.

Tak hanya menceritakan pengalamannya memberikan penanganan medis, dia juga kerap membagikan foto-foto keterbatasan masyarakat di pedalaman Papua. Terlebih lagi ketika mereka dalam kondisi sakit dan butuh penanganan medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Viral

Dokter Amalia nyatanya telah ditugaskan di pedalaman Papua sejak Mei 2017. Sejak saat itulah dia kerap membagikan kisah bagaimana penanganan medis di lapangan yang tentunya tak mudah untuk dijalani.

"Saya rasa kami hanyalah perantara agar desa tersebut dapat dilihat oleh dunia luar. Bahwa masih ada tempat yang ditinggali masyarakat Indonesia yang jauh dari kita, jauh dari alat komunikasi yang belum ada listrik, sinyal radio, dsb," tulis wanita 28 tahun itu menceritakan berbagai keterbatasan di sana.

Kisahnya ini sontak saja menjadi viral di jejaring sosial. Tak sedikit yang takjub dan salut dengan pengabdiannya. Tak sedikit pula yang mendoakan Amalia berkat pengorbanan yang telah dirinya lakukan.

Reporter:

Lanny Kusumastuti

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.