Sukses

20 Manfaat Pisang Ambon Hingga Pisang Hijau Untuk Kesehatan Tubuhmu

Jakarta Ada beragam jenis pisang di Indonesia. Mulai dari pisang kepok, pisang raja, pisang ambon, hingga pisang hijau. Semuanya memiliki manfaat sehat masing-masing karena pisang mengandung potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi.

Tak berhenti di situ saja, pisang juga berguna untuk mendukung kecantikan kulit.

Dirangkum oleh Liputan6.com (15/6), berikut adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat pisang sesuai dengan jenisnya.

Manfaat pisang ambon

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling mudah ditemui di pasaran. Identik dengan warna kuning segar dan kulit manis, berikut manfaat pisang ambon untuk kesehatanmu.

1. Memberikan suntikan energi

Tahukah kamu bahwa pisang merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? Sebab pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

2. Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

3. Bermanfaat sebagai antasida alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang.

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Pisang mengandung pektin, bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

5. Meningkatkan gairah seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa makan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat pisang kepok

Selain pisang ambon, ada pula pisang kepok yang banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan berbahan dasar pisang seperti pisang goreng, kolak pisang, hingga banana nugget yang sekarang sedang hits.

Inilah seikit penjelasan tentang manfaat pisang kepok bagi kesehatanmu.

6. Meringankan gejala PMS

Rasanya yang enak ternyata bisa membuat pisang berfungsi untuk meringankan stres dan mengurangi gejala PMS pada wanita.

7. Kaya antioksidan

Pisang kaya akan zat antioksidan sehingga dapat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Hal ini juga berarti bahwa pisang mampu mencegah kanker.

8. Mengatasi depresi

Jika kamu sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan pisang. Pisang kaya akan mangan yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuatmu merasa lebih baik.

9. Melindungi jantung

Penelitian kesehatan terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur bisa melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Sebab pisang rendah garam namun tinggi kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan membuat jantung jadi lebih sehat.

10. Meningkatkan metabolisme

Pisang mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang kepok juga bisa mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh dan dengan demikian meningkatkan metabolisme tubuh.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat pisang hijau

Pisang hijau bukanlah berarti bahwa pisang tersebut mentah. Memang ada jenis pisang hijau yang juga memiliki manfaat sehat seperti penjelasan berikut ini:

11. Meningkatkan penyerapan gizi

Konsumsi pisang hijau dapat membantu memperbaiki kesehatan usus berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Penelitian mengatakan bahwa jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium.

12. Mengatur tekanan darah

Pisang hijau sangat tinggi kandungan kaliumnya yang mana merupakan mineral penting dan sangat dibutuhkan tubuh untukmenurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

13. Mengandung bakteri probiotik

Bakteri probiotik sangat baik untuk usus. Pisang hijau adalah makanan yang tinggi akan kandungan bakteri baik ini. Bakteri tersebut hidup di usus dan mengonsumsi pisang hijau akan membantu menambah jumlah bakteri probiotik yang berguna untuk membuat saluran pencernaan yang lebih sehat.

14. Obat diare

Pisang hijau memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Hal ini disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi parasit. Mengonsumsi pisang hijau diketahui mampu mengobati diare secara alami.

15. Sempurna untuk pengidap diabetes

Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau dalam daftar makanannya. Lantaran pisang hijau memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sedikit. Diet pasien diabetes perlu makanan rendah gula dan pisang hijau adalah makanan sempurna. Kamu bisa mengonsumsi pisang hijau rebus sebagai camilan sehat.

4 dari 5 halaman

Manfaat pisang untuk wajah

16. Melembabkan kulit

Kulit yang kering memang menjadi tantangan tersendiri. Sebabnya kulit lama-lama bisa jadi kasar.

Nah, kamu bisa melembabkan kulit dengan kondisi tersebut dengan manfaat pisang. Sebabnya pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami. Kamu bisa membuat masker dari pisang yang dilumatkan. Kemudian oleskan di atas kulit lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilaslah dengan air dingin.

17. Mengobati jerawat

Adanya jerawat memang mengganggu. Kamu yang kesal karena jerawat bisa mengobatinya dengan rajin mengoleskan masker pisang yang sudah dicampur dengan madu dan kunyit. Bonus dari manfaat pisang ini adalah membuat kulitmu jadi lebih bersih, bersinar, dan halus.

18. Mencegah penuaan kulit

Manfaat pisang lainnya untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Apalagi jika kamu rajin mengoleskan masker pisang yang terbuat dari campuran perasan jeruk lemon serta yogurt. Setelah menunggu beberapa saat hingga kering, kamu bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati yang jadi penyebab kulit terlihat tua.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat pisang untuk diet

19. Membantu diet

Pisang hanya mengandung 90 kalori, namun cukup mengenyangkan dan mencegahmu untuk ngemil. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya termasuk serat larut yang menyerap air dan melambatkan proses pencernaan.

20. Menjaga kesehatan usus

Pisang rata-rata memiliki 2,5 gram serat yang kebanyakan adalah serat larut. Serat ini akan membantu menghilangkan hal-hal yang buruk dalam sistem pencernaan dan membantu mengeluarkannya. Tentunya ini akan menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.

Dengan beragam manfaat pisang untuk kesehatan tubuh, sudahkah kamu makan pisang hari ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini