6 Hal Paling Gila yang Dilakukan Manusia untuk Meningkatkan IQ

Oleh Sulung Lahitani pada 18 Jun 2018, 20:03 WIB
Diperbarui 18 Jun 2018, 20:03 WIB
Terkuak, Malas Adalah Tanda dari Kecerdasan Tinggi Seseorang
Perbesar
Ternyata, sikap malas adalah salah satu tanda dari seseorang dengan IQ tinggi, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia, kebanyakan orang ingin menjadi pintar. Tes IQ biasanya menjadi salah satu bukti pembuktikan kepintaran mereka. Tak heran, beberapa orang akan melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan nilai tinggi di tes IQ tersebut.

Berikut adalah beberapa hal paling gila yang dilakukan orang untuk mendapat nilai tinggi di tes IQ seperti dilansir dari Ranker.com.

1. Menyentrum diri sendiri

Pada tahun 2014, sekelompok ahli syaraf menemukan bahwa orang-orang secara sementara dapat unggul dalam ujian seperti tes IQ dengan menyentrum diri sendiri. Proses ini dikenal sebagai stimulasi arus langsung transkranial atau tDCS untuk jangka pendek.

Gagasan untuk menyentrum diri sendiri sebenarnya telah ada selama berabad-abad. Para ilmuwan memperingatkan bahwa prosedur semacam ini invasif.

2. Mengonsumsi LSD

Psikedelik sering diyakini dapat meningkatkan kecerdasan orang. Banyak pengguna narkoba yakin bahwa psikedelik membuka pikiran. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Biology menyimpulkan bahwa mengonsumsi asam benar-benar meningkatkan komunikasi global dan antar-modul dalam otak sehingga membuat pengguna narkoba seolah masuk ke dunia yang unik. Efek ini disebut para ahli saraf sebagai kematian jiwa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Minum air kencing

Sering Kencing
Perbesar
Sering Kencing

Terapi urin juga sempat disebut-sebut dapat meningkatkan IQ seseorang. Para pelaku terapi urin mengklaim bahwa urin adalah kebalikan dari racun. Mereka mengatakan bahwa air seni adalah obat alami yang membuka kekuatan yang setara dengan sinar matahari.

Tak hanya untuk meningkatkan kecerdasan, beberapa juga mengklaim mengonsumsi urin dapat menyembuhkan penyakit.

4. Naik sepeda motor dengan kecepatan tinggi

Ini merupakan temuan yang dilaporkan oleh Yamaha Jepang, Ryuta Kawashima, dan Tohoku University. Menurut penelitian, terlibat dalam balapan jalanan berkecepatan tinggi dengan sepeda motor membuka bagian otak yang tertutup. Ini berdampak pada tingkat konsentrasi dan pemrosesan informasi yang dipercepat dan berujung pada peningkatan memori.

 


5. Mengonsumsi pil estrogen

Estrogen, Hormon Wanita untuk Kurangi Risiko Osteoporosis
Perbesar
Estrogen, Hormon Wanita untuk Kurangi Risiko Osteoporosis

Menurut jurnal Society for Neuroscience, peningkatan kadar estrogen dapat meningkatkan keakuratan tes dan membantu sel-sel otak berkomunikasi secara lancar satu sama lain. Klaim ini didasarkan pada penelitian yang dikaji oleh para ilmuwan.

Akan tetapi, ini membawa efek negatif seperti perubahan suasana hati, risiko kanker, bahkan Depresi. Malahan pria yang mengonsumsi pil estrogen lama-kelamaan dapat tumbuh sifat feminin di dirinya.

6. Dihipnotis

Meski hipnosis dapat membantu sebagian orang berhenti merokok atau meningkatkan kemampuan kreatif seseorang, penelitian menunjukkan bahwa itu tidak dapat mengajarkan siapapun cara melakukan hal-hal yang belum mereka ketahui.

Dengan kata lain, tidak bisa membuat siapapun lebih pintar. Bahkan dengan informasi tersebut pun masih banyak yang percaya bahwa hipnotis dapat meningkatkan IQ.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya