Sukses

Wisata Jogja Terbaru dan Terlengkap 2018, Hits dan Instagramable!

Jogja adalah daerah istimewa yang tidak hanya karena budaya dan masyarakatnya saja, namun juga karena pariwisatanya.

Jakarta Jogja adalah daerah istimewa yang tidak hanya karena budaya dan masyarakatnya saja, namun juga karena pariwisatanya. Berbagai destinasi wisata bisa ditemui. Mulai dari wisata berbasis budaya, edukasi, alam, kuliner, serta yang trendy sekalipun.

Untuk Anda yang ingin berlibur ke DIY Yogyakarta, berikut kami suguhkan beberapa pilihan destinasi wisata menarik seperti yang dirangkum Liputan6.com, Minggu (17/6/2018), berikut ini.

 

Wisata Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta terbaru dan hits 2018

Jika berbicara soal destinasi wisata Jogja yang sedang hits di jejaring sosial saat ini, ternyata provinsi bergelar daerah istimewa ini punya banyak sekali spot menarik. Beberapa di antaranya baru diketahui berkat para traveler yang hobi berburu foto untuk feed Instagram.

Yuk, kita simak deretan tempat wisata Jogja yang kekinian dan Instagramable di bawah ini.

 

1. The World Landmarks Merapi Park

Surga spot selfie kekinian ini berada di kilometer 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Kabupaten Sleman. Di sini ada berbagai miniatur landmark dari seluruh dunia. Spot yang paling populer tentu saja Menara Eiffel-nya.

Tarif: Rp15.000,00

 

2. Transmart Carrefour Maguwo

Inilah tempat wisata belanja yang menghadirkan berbagai jenis hiburan dalam satu kawasan. Nggak cuma tempat shopping dan makan-makan, di sini juga ada Trans Studio Mini dan bioskop CGV.

Biaya masuk ke tempat ini gratis. Tetapi Anda akan dikenakan biaya untuk deposit card dengan saldo minimal Rp50.000,00 untuk menikmati wahana Trans Studio Mini. Sementara tiket masuk bioskop berkisar Rp35.000,00-Rp85.000,00.

Tarif: Gratis

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini Anda berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore.

Tarif:Rp5.000,00 (tiket masuk), Rp30.000,00-Rp50.000,00 (snorkeling)

 

4. Jogja Bay Waterpark

Ini adalah kompleks wahana air di atas lahan seluas 7,7 hektar yang mengusung konsep bajak laut. Selain berbagai wahana air, di sini juga diselenggarakan pertunjukan bertema bajak laut.

Wajib ain foto dengan latar kapal bajak laut kalau berkesempatan liburan di sini.

Tarif: Rp60.000,00 (anak-anak), Rp90.000,00 (dewasa)

3 dari 15 halaman

5. Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Katanya dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro, tetapi sekarang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata.

Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam.

Tarif: Rp3.000,00

6. Umbul Ponggok Klaten

Kolam natural dengan air biru jernih di Klaten ini menawarkan wisata underwater kekinian. Lengkap dengan aneka properti untuk foto keren di dasar. Wisatawan yang tak bisa berenang pun tetap bisa foto di sini.

Tanpa foto pun keindahan bawah air Umbul Ponggok tetap layak dinikmati. Kapan lagi Anda bisa berenang di air biru jernih dengan puluhan ikan tanpa perlu pergi ke laut?

Tarif: Rp8.000,00 (HTM), Rp13.000,00 (kacamata renang), Rp60.000,00-Rp100.000,00 (kamera underwater)

4 dari 15 halaman

7. Tebing Breksi

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata Jogja terpopuler di sepanjang tahun 2016 hingga 2017. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik.

Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Tarif: Gratis

8. Hutan Mangrove Kulon Progo

Wisata Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto.

Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam.

Tarif: Rp4.000,00

5 dari 15 halaman

9. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu wisata Jogja andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi Anda bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan.

Tarif: Rp3.000,00 (motor), Rp5.000,00 (mobil), Rp15.000,00 (minibus)

10. Goa Kalisuci

Berlokasi di Wonosari, Gunung Kidul, Goa Kalisuci merupakan tempat berwisata jelajah sungai dan gua. Di sini pengunjung yang datang dalam satu grup bisa menikmati asyiknya rafting dan cave tubing seperti di Goa Pindul.

Tarif: Rp75.000,00

6 dari 15 halaman

Wisata Jogja murah meriah

Liburan tanpa menguras kantong itu bukan hal yang tak mungkin, kok. Apalagi kalau Yogyakarta yang jadi tujuannya. Banyak sekali objek wisata Jogja yang harga tiket masuknya kurang dari Rp10.000,00.

Wisata Jogja yang bisa dinikmati dengan membayar Rp3.000,00 atau Rp5.000,00 pun ada. Mari kita simak beberapa di antaranya.

 

11. Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarya belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari.

Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding.

Tarif: Rp3.000,00

12. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Jogja murah meriah selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kita juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama.

Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp5.000,00 saja.

Tarif: Rp7.000,00

7 dari 15 halaman

13. Pantai Baron, Krakal dan Kukup

Sekali jalan bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus. Sensasi liburan murah meriah yang barangkali cuma bisa Anda rasakan di Desa Kemadang, Kcamatan Tanjungsari.

Dulu hanya Krakal yang dikenal wisatawan. Tetapi sekarang Baron yang berkontur lembah dan Kukup yang menonjol dengan pemandangan pegunungannya bisa dinikmati sepaket dengan Krakal.

14. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru ini punya pemandangan yang sama cantiknya dengan Tebing Keraton. Uniknya lagi warga sekitar berkomitmen untuk menjaga kelestariannya, sehingga Kalibiru bisa menjadi kawasan ekowisata nomor 1 di Yogyakarta.

Kalibiru merupakan tempat yang asyik untuk trekking dengan latar pepohonan asri. Tetapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya untuk menikmati sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik tersebut kita juga bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan.

Tarif: Rp3.000,00

8 dari 15 halaman

15. Hutan Pinus Mangunan

Selain Kalibiru, hutan pinus Mangunan juga jadi objek wisata Jogja wajib buat para pecinta alam. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi.

Untuk masuk ke hutan pinus, Anda hanya akan dikenakan tarif parkir.

Tarif: Gratis

16. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya.

Untuk mencapai bukit, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi.

Tarif: Rp5.000,00

9 dari 15 halaman

17. Jurang Tembelan

Di kawasan Kebun Buah Mangunan juga ada Jurang Tembelan yang banyak dicari pecinta fotografi. Gardu pandangnya berbentuk kapal dengan latar hamparan pegunungan dan ngarai sungai yang bernuansa magis.

18. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah.

Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Tarif: Rp7.000,00

10 dari 15 halaman

19. Candi Ijo

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal objek wisata Jogja yang satu ini juga tak kalah indah.

Candi Ijo menawarkan pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren, karena kompleks candi didirikan di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini Anda akan bertemu dengan Candi Ratu Boko terlebih dahulu.

Tarif: Rp5.000,00

20. Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Tak cuma punya pantai cantik dan karang yang eksotis, di sini juga ada air terjun setinggi 12 meter, lho. Sekarang sudah dilengkapi tangga kayu untuk melihatnya dari dekat.

Berkunjung ke pantai ini paling pas kalau Anda bisa menikmati gelombang pertama. Mencoba beberapa aktivitas ekstrem seperti river hiking dan cliff jumping juga boleh. Tetapi pastikan ada instruktur yang mendampingi.

Tarif: Rp3.000,00

 

Wisata Jogja di malam hari

Yogyakarta yang dijuluki kota budaya ini juga terkenal akan wisata malamnya, lho. Destinasi wisata Jogja yang bisa dinikmati di malam hari ini tak hanya seru, tetapi juga murah meriah. Berikut ini beberapa di antaranya.

 

21. Alun-Alun Kidul

Alun-alun kidul adalah wisata Jogja yang murah meriah dan mudah dijangkau. Alun-Alun Kidul yang merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Meskipun terlihat mudah, ternyata banyak yang gagal, lho.

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini Anda bisa menikmati jajan iseng-iseng di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak.

Tarif: Gratis

11 dari 15 halaman

22. Taman Pelangi Monjali

Satu lagi wisata Jogja yang menawarkan romantisme sederhana di malam hari. Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali. Monumen yang berada di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta itu tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni.

Tarif: Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend)

 

23. Bukit Bintang Patuk

Wisata Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2.

Nongkrong bersama pasangan di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Tarif: Gratis

 

24. Sate klathak Pleret

Selain gudeg, makanan khas yang perlu dicoba di kota budaya ini adalah sate klathak. Berupa potongan daging kambing muda berbumbu minim yang dibakar dengan tusukan kawat jeruji sepeda. Makanan ini bisa ditemui di daerah Pleret, Bantul. Beberapa kedai yang terkenal antara lain sate klathak Pak Pong, Pak Untung, Pak Jam, Mak Adi, dan Bu Jazim.

Karena bisa menghangatkan badan, sate klathak paling nikmat disantap saat malam hari. Apalagi kebanyakan warung sate klathak di Pleret memang buka sampai hampir tengah malam.

Tarif: Rp20.000,00

12 dari 15 halaman

25. Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman dikenal sebagai kampung turis dan kampung bule. Soalnya di sini memang banyak turis asing terlihat. Berjalan di sepanjang jalan ini bakal bikin Anda teringat Legian atau Jalan Jaksa.

Di kanan kiri Jalan Prawirotaman kita bisa menemukan aneka jenis kafe.bernuansa tradisional maupun modern yang asyik buat nongkrong di malam hari. Beberapa yang paling hits adalah Tempo Gelato, Move On, dan Via Via. Belum lagi art shop dan toko buku impor dengan harga miring yang terselip di antara kafe-kafe itu.

Tarif: Variatif

Wisata Jogja dekat stasiun

Tak punya banyak waktu untuk menikmati Yogyakarta? Rugi, lho kalau mengunjungi kota ini tanpa pelesiran. Meskipun agenda padat, sempatkan untuk mengunjungi salah satu wisata Jogja. Pilih saja yang dekat dengan stasiun kereta.

Apa saja wisata Jogja dekat stasiun yang bisa Anda kunjungi? Berikut ini kami pilihkan beberapa di antaranya.

 

26. Malioboro

Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Soalnya tempat ini memang benar-benar terasa Jogja-nya.

Dengan menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat itu kita bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Banyak tukang becak dan tukang delman yang sedikit ngotot menawarkan jasa mereka, jadi Anda harus tetap sabar meskipun harus menolak berkali-kali.

Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Tarif: Gratis

13 dari 15 halaman

27. Pasar Beringharjo

Inilah destinasi wisata Jogja yang paling pas buat pecinta belanja. Pasar Beringharjo memang paling terkenal buat kulakan batik. Tetapi sebenarnya di sini ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa dibeli. Mulai dari kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan.

Harga produk yang dijual di sini murah-murah, apalagi kalau Anda jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet, ya. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja.

Tarif: Variatif

28. Museum Benteng Vredeburg

Di sebelah selatan Pasar Beringharjo ada benteng bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum.

Tarif: Rp3.000,000

14 dari 15 halaman

29. Titik Kilometer O Jogja

Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni.

Tarif: Gratis

 

30. Taman Pintar (Tampin)

Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan. Ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Ada juga aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000,00 sampai Rp50.000,00. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

Tarif: Rp15.000,00 (pelajar), Rp20.000,00 (dewasa)

15 dari 15 halaman

31. Shopping Center Yogyakarta

Kalau objek wisata Jogja yang satu ini merupakan surga bagi para pembaca. Di sini kita bisa menemukan buku dari beragam genre dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bonus disampuli juga.

Baca juga: Beragam Destinasi dan Paket Wisata di Jogja yang Murah serta Cocok untuk Backpacker

32. Taman Budaya Yogyakarta

Di sini kita bisa menikmati aneka pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis.

Tarif: Gratis

 

Sumber: Merdeka.com (reporter: Ranu Kinanti Dahayu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.