Sukses

Bukan Bangun Tidur Pagi Hari, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

Tak sedikit orang berusaha untuk menikmati kopi setelah bangun tidur. Ternyata hal itu dianggap buruk untuk kesehatan kita.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir orang, kopi menjadi salah satu minuman terbaik untuk melepas rasa kantuk. Selain itu, minuman tersebut sudah biasa menjadi tradisi banyak orang untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Meski sering meningkatkan fokus, menikmati kopi secara rutin bukan jadi hal yang baik lo, terutama di pagi hari. Beberapa studi menyebutkan pagi hari bukan menjadi waktu yang tepat untuk menikmati kopi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan Angkatan Darat Amerika Serikat, termasuk menjadi salah satu peneliti yang mencari tahu waktu tepat untuk menikmati kopi. Tubuh mengalami rutinitas yang rumit dan spesifik untuk membangunkan diri kita di pagi hari.

Oleh sebab itu, mereka menganggap bahwa minum kopi setelah bangun merupakan ide yang buruk. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa tidak baik untuk tubuh?

Hormon kortistol akan dikirimkan dalam jumlah yang banyak melalui sistem tubuh. Akibat hormon ini, tubuh mendapat dorongan energi yang membuat kita tejaga dan waspada.

Campuran kafein dalam kopi dapat bercampur dengan hormon tersebut. Efeknya, hormon kortistol yang baik dapat teganggu dan memberi rasa gugup sekaligus hiperaktif.

Ujung-ujungnya, tubuh kita justru merasa lelah. Jika hal seperti ini sering terjadi dan menjadi rutinitas yang ada dapat membuat tubuh kita menjadi kecanduan kopi dan kafein setiap bangun tidur.

Di sisi lain, peneliti menganjurkan agar kita memberi waktu sekitar satu jam untuk menenggak cangkir kopi pertama setelah bangun tidur.

 

3 dari 3 halaman

Waktu terbaik minum kopi

Tapi ada baiknya untuk minum kopi pada waktu antara 9.30 sampai 11.30 pagi. Kemudian, kamu bisa kembali untuk minum kopi pada siang hari antara pukul 01.30 hingga 05.00 sore ketika beraktivitas.

Pada jam-jam siang, kopi bisa jadi minuman yang dapat mendorong energi bermanfaat, sekaligus bekerja selaras bersama siklus harian tubuh.

Jumlah asupan kopi secara maksimal yakni tiga cangkir sehari. Jika dirasa masih kecanduan, kamu bisa menggantinya dengan teh hitam serta diselingi untuk lebih sering minum air putih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.