Sukses

Berat Badan Naik Setelah Lebaran, Atasi dengan 5 Makanan Ini

Akibat banyak makan saat lebaran, yang ada tubuh semakin lebar. Yuk, konsumsi lima makanan ini agar dapat mengontrol lemak pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah puasa selama 30 hari, momen lebaran menjadi yang paling ditunggu. Berbagai makanan dari mulai rasa asin sampai manis siap dihidangkan untuk merayakan lebaran.

Karena saking banyaknya makan, bertambahnya berat badan tak dapat dipungkiri. Malahan bukan jadi rahasia umum jika berat badan bertambah usai Idul Fitri.

Tentunya tak sedikit orang harus berusaha mati-matian kembali mengecilkan perut. Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara lain yang mudah untuk dilakukan dengan hanya mengkonsumsi makanan ini.

Dilansir dari Cultura Collectiva, berikut makanan yang dapat membuat perutmu rata setelah banyak makan saat lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Semangka dan melon

Kedua buah bulat tersebut memiliki banyak kandungan air yang membuat tubuh kita tetap terhidrasi. Di sisi lain, ada juga kandungan potasium dalam kedua buah tersebut yang mampu menurunkan lemak dalam perutmu.

3 dari 6 halaman

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang selalu tersedia ketika lebaran. Biasanya sering disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Meski disajikan saat lebaran, ternyata camilan satu ini dapat mengurangi lemak tubuh.

Meski begitu, hal ini jangan mendorongmu untuk makan terlalu banyak. Dianjurkan cukup dengan memakan empat kacang saja dalam sehari, hal ini mampu mengurangi lemak tubuhmu karena kandungan omega 3 di dalamnya.

4 dari 6 halaman

3. Berbagai macam jenis jeruk

Jeruk, jeruk nipis ataupun lemon memang terkenal dengan rasa asam yang dapat menggoyang lidah. Tapi kandungan vitamin C yang tinggi mampu menghindarkanmu dari penyakit.

Tapi di sisi lain, jeruk juga bisa membantu untuk mengurangi lemak tubuh serta mengurangi insulin.

5 dari 6 halaman

4. Red fruit

Buah-buahan berwarna merah meliputi ceri, jambu merah, pepaya, anggur, apel merah, tomat, hingga stroberi termasuk ke dalam kategori red fruit. Red fruit punya manfaat untuk meregulasi tingkat gula darah dalam tubuh.

Saat lebaran, gula darah bisa saja meningkat akibat terlalu banyak makan-makanan, disertai kurangnya berolahraga. Meski gula darah tinggi sering dikaitkan dengan diabetes. Namun, orang normal juga dapat mengalaminya.

Selain menregulasi lemak, buah merah juga sangat cocok untuk mengendalikan rasa lapar ketika gula darah kita sedang naik. Jadi saat lebaran, kita cenderung tidak makan secara berlebihan.

6 dari 6 halaman

5. Minyak zaitun

Selain bagus untuk perawatan kulit, minyak zaitun juga bermanfaat untuk orang yang sedang ingin diet. Minyak zaitun bisa jadi pengganti untuk minyak goreng serta menyehatkan karena menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh.

Di samping itu, minyak zaitun juga berfungsi untuk menyerap nutrisi lebih banyak pada tubuh. Kelima makanan ini akan jauh lebih baik jika disertakan bersama olahraga ringan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.