Sukses

Selain Opor Ayam, Ini 7 Kuliner Khas Lebaran dari Berbagai Daerah

Menu-menu andalan khas daerah juga menjadi favorit sebagian keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Menu-menu seperti ketupat, nasi ataupun dari olahan daging pastinya banyak ditemukan di rumah-rumah keluarga yang merayakan lebaran. Ya, silaturahmi saat lebaran memang dirayakan dengan makan bersama.

Menu-menu andalan khas daerah juga menjadi favorit sebagian keluarga. Seperti misalnya di Kalimantan, Sulawesi dan juga Jawa yang memiliki menu-menu khas yang wajib diolah dan disantap bersama keluarga.

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, berikut santapan khas lebaran yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Pastinya jika kamu tinggal di daerah tersebut, kamu sudah tidak asing dengan makanan-makanan ini.

1. Soto Banjar

Soto Banjar yang terkenal di Kalimantan ini juga banyak ditemukan di rumah orang asal Banjarmasin, Balikpapan atau Samarinda.

Ketika kamu bosan makan opor atau yang berkuah santan, kamu bisa mencoba soto yang dipadu dengan daging ini lo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Bebek Gulai Kurma

Makanan khas Aceh ini memang sangat tak biasa, meski disebut gulai kurma, adonan dari rempah bebek ini tidak menggunakan kurma dan bisa kamu santap tanpa takut terlalu terasa manis. Berminat mencoba?

3 dari 7 halaman

3. Ayam Gagape

Kalau kamu mengenal Makassar dengan cotonya, kamu perlu mencoba ayam yang satu ini.

Ayam ini digoreng dan ditabur kelapa kering yang sudah disangrai dan menambah rasa gurih ayam ini. Cocok kalau kamu menyantapnya dengan ketupat.

4 dari 7 halaman

4. Lomang

Makanan khas Tapanuli Selatan ini terbuat dari beras ketan dan dibakar dengan bambu. Tenang, lomang ini enggak kalah eksis dengan ketupat yang meyaingi keberadaannya. Yuk, kamu cobain.

5 dari 7 halaman

5. Selat Solo

Kamu harus mencoba sajian daging lengkap dengan sayur dan rasa kuah yang tidak biasa. Mirip dengan bistik, Selat Solo ini kuahnya terasa sedikit asam dan menyatu layaknya kuah pempek. Asyik, kan?

6 dari 7 halaman

6. Semur Betawi

Makanan khas Jakarta ini sudah pasti ada di tiap rumah orang Betawi, rasa daging yang lembut dan rempah serta kecap yang kuat, makanan ini juga membuat lebaran orang betawi makin afdol.

7 dari 7 halaman

7. Pacri Nanas

Kuliner khas Pontianak ini layaknya gudeg tetapi kuahnya lebih kental dan manis, pacri nanas yang mirip gulai ini juga banyak diminati sebagai kuliner pendamping saat lebaran. Kamu sudah pernah mencobanya belum?

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.