Sukses

Jelang Lebaran Idul Fitri, Ini 4 Tradisi Unik Malam Takbiran di Indonesia

Semarak suara takbir pun sudah berkumandang di seluruh pelosok daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebulan penuh berjuang mengendalikan lapar, haus, dan hawa nafsu, akhirnya datanglah kemenangan. Kini saatnya riuh suara takbir bergema di mana-mana. Sorak gembira umat muslim pun semakin menambah semarak malam takbir menjelang Idul Fitri.

Lebaran menjadi momen istimewa. Selain sebagai pertanda kemenangan setelah beribadah selama Ramadan, juga sebagai ajang kumpul keluarga. Terlebih di Indonesia, tradisi mudik saat lebaran sudah berakar lama.

Namun, lebaran bukan sekadar ajang berkumpul dan saling bermaafan, melainkan juga ada keseruan tradisi yang sayang dilewatkan. Mau tahu tradisi unik Lebaran di Indonesia, terkhusus malam takbir? Berikut tradisi unik malam takbir di beberapa wilayah di Indonesia.

1. Meriam Karbit di Pontianak

Masyarakat di Pontianak menggunakan meriam yang dipercaya mengusir roh jahat saat hari kemenangan tiba. Petugas pemerintah yang bertanggung jawab untuk acara ini biasanya akan menyalakan meriam di pinggir sungai Kapuas yang terlihat makin indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tumbilotohe di Gorontalo

Masyarakat Gorontalo merayakan hari kemenangan dengan memasang ratusan lampu minyak di seluruh tanah lapang yang berbentuk kaligrafi, masjid, ayat suci dan ketupat. Unik banget ya, berasa lebih riuh takbiran kamu.

 

3 dari 4 halaman

3. Ronjok Sayak di Bengkulu

Tradisi lebaran dari tanah Sumatera ini diramaikan dengan dinyalakannya api melalui tumpukan serabut kelapa setinggi satu meter atau dikenal dengan tradisi bakar gunung api.

Kamu tetap hati-hati ya saat mengikuti tradisi ini, karena ini memerlukan tenaga ahli untuk melakukannya.

 

4 dari 4 halaman

4. Takbir Keliling di Bandara Internasional Juanda

Tak hanya ikut meramaikan, takbir keliling di Bandara Juanda ini juga menghibur pemudik yang terkena drama delay penerbangan dan masih menunggu keberangkatan. Ternyata, takbir keliling di Bandara Juanda ini rutin diadakan setiap tahun.

Reporter:

Eko Wahyu Putradinata

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.