Sukses

4 Kota Ini Rela Membayarmu Jika Jadi Warganya, Minat?

Berbagai cara dilakukan beberapa pemerintah kota dan desa untuk mendorong orang agar mau tinggal dan bekerja di wilayah mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Penduduk bermutu dan produktif menjadi daya dukung kehidupan kota. Kenyataannya, beberapa kota dan desa terancam menjadi kota hantu karena penduduknya berkurang karena berbagai alasan.

Berbagai cara dilakukan pemerintah kotanya untuk mendorong orang agar mau tinggal dan bekerja di tempat itu. Mereka ditawari dengan berbagai fasilitas yang menggiurkan dan insentif yang menarik berupa uang.

Penasaran dengan kota-kotanya yang rela membayar orang supaya menetap dan menjadi penduduk? Berikut kota-kota di negara ini yang rela keluarkan uang demi mendapatkan penduduk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Desa Albinen, Swiss

Albinen adalah sebuah kawasan pemukiman yang cukup indah. Letaknya di kaki gunung Alpen Swiss. Namun, desa ini tengah mengalami krisis penduduk. Bagi siapa saja yang ingin menjadi penduduk di desa tersebut akan mendapat imbalan 70.000 Franc.

Dilansir The Times, Albinen yang berada di Distrik Leuk, Valais, Swiss hanya memiliki 240 penduduk. Albinen mencari warga baru dengan usia di bawah 45 tahun dan bersedia mempelajari bahasa Jerman. Sebagai insentif, setiap orang dewasa yang bersedia pindah ke sana akan diberi 25.000 Franc Swiss atau sekitar Rp 353.255.

Untuk anak-anak, pemerintah Albinen bersedia memberikan 10.000 Franc Swiss atau sekitar Rp 141. 302. Total uang yang bisa diberikan untuk satu keluarga mencapai 70.000 Franc Swiss atau hampir Rp 1 miliar.

3 dari 5 halaman

2. Bormida Menjanjikan Uang 2.000 Euro

Wali Kota di sebuah kota terpencil bernama Bormida, Italia, menjanjikan uang sebesar 2.000 Euro atau setara dengan Rp 32 juta bagi siapa pun yang mau pindah ke kota tersebut. Jumlah sebesar itu dibagikan sebagai upaya penyelamatan agar wilayah tersebut tidak berubah jadi kota hantu.

Kota yang berada dekat pegunungan dan berdiri sekitar 420 meter di atas permukaan laut itu memiliki populasi penduduk sekitar 394 orang. Kini jumlah tersebut semakin berkurang saat banyak orang memilih untuk mengadu nasib di kota besar.

4 dari 5 halaman

3. Niagara Falls Memberikan Uang USD 57 Ribu

Kota selanjutnya yang rela mengeluarkan uang demi mendapatkan warga baru khususnya kepada pelajar yang ingin menetap di kota dengan air terjun yang indah tersebut.

Pemerintah Niagara Falls bersedia untuk memberikan USD 57 ribu atau setara Rp 791 juta kepada pelajar yang bersedia untuk tinggal selama dua tahun.

5 dari 5 halaman

4. Detroit, Michigan, Amerika Serikat

Pemerintah kota Detroit memberikan penawaran bagi siapa saja yang mau tinggal di kota tersebut. Pemerintah setempat menawarkan USD 2.500. Khususnya bagi para profesional yang ditempatkan di berbagai industri di kota tersebut.

Reporter:

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.