Sukses

5 Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan Kulit, Apa Saja?

Ada beberapa bahan alami lain yang punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Produk perawatan kulit (skin care) yang terbuat dari bahan-bahan alami kini tengah banyak dicari masyarakat. Selain karena alasan kemudahan untuk memperolehnya, produk jenis ini juga tergolong lebih ramah kulit.

Oleh karena itu, jangan heran jika saat ini ada banyak produsen produk perawatan kecantikan yang mulai berlomba-lomba membuat produk dengan kandungan yang didapat dari alam.

Beberapa bahan alami yang saat ini marak dijadikan sebagai bahan baku produk skin care di antaranya lidah buaya, lemon, arang dan juga madu.

Sebenarnya, ada juga bahan alami lainnya yang punya banyak manfaat namun belum banyak diketahui umum. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dimaksud.

1. Daun Pegagan untuk Atasi Jerawat

Kamu mungkin masih asing saat mendengar bahan alami yang satu ini. Padahal, daun pegagan atau yang dalam bahasa Latin bernama Centella Asiatica ini seringkali digunakan sebagai bahan baku produk perawatan kecantikan kulit yang berfokus untuk mengatasi masalah jerawat.

Perlu diketahui, daun pegagan sangat ampuh dalam mengatasi jerawat berkat kandungan zat aktif yang dimilikinya. Beberapa di antaranya, saponin, glikosida, minyak esensial, flavanoid, dan sterol yang efektif untuk menuntaskan jerawat.

Tak hanya itu, daun pegagan juga kerap dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi selulit, perawatan kusta, serta mengatasi tanda-tanda penuaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sake untuk Mengeksfoliasi Kulit

Sake merupakan salah satu jenis minuman asal Jepang yang mengandung alkohol. Namun, tak hanya sekedar minuman beralkohol, ternyata sake juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Sake sendiri terbuat dari fermentasi beras. Di dalamnya, terdapat kandungan enzim yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati secara lembut tanpa menimbulkan iritasi serta menyebabkan kekeringan pada kulit.

Menariknya lagi, rutin melakukan perawatan dengan bahan alami yang satu ini kabarnya juga akan membuat tampilan kulit wajah tampak lebih cerah. Tak heran jika ada banyak produk skin care asal Negeri Sakura yang menjadikan sake sebagai bahan utama produknya.

3 dari 5 halaman

3. Kaktus untuk Menghidrasi Kulit

Beberapa di antara kamu mengira jika kaktus hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias saja. Padahal, tanaman yang tumbuh di iklim tropis ini juga bermanfaat untuk merawat kulit. Salah satunya sebagai pelembap.

Berkat kemampuannya dalam menyimpan volume air, tanaman berduri ini mampu mencegah dehidrasi serta hilangnya kelembapan alami pada kulit. Selain itu, kaktus bahkan dapat menghidrasi sekaligus mencegah evaporasi pada lapisan epidermis kulit.

Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaatnya, saat ini sudah banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan kaktus sebagai bahan dasarnya.

4 dari 5 halaman

4. Daun Bambu untuk Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang telah diketahui, radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, baik yang sifatnya ringan maupun yang bersifat berat seperti kanker.

Daun bambu sendiri sangat kaya akan kandungan anti-oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, bambu juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti keriput ataupun flek hitam yang muncul, baik di kulit tubuh maupun wajah.

5 dari 5 halaman

5. Air Tajin Sebagai Pencerah Wajah

Jika kamu pernah menanak nasi dengan cara tradisional menggunakan dandang, kamu mungkin familiar dengan air tajin. Air yang berwarna putih agak sedikit bening ini memiliki rasa yang cukup manis, sehingga ada sebagian orang yang gemar mengonsumsinya.

Selain dapat dikonsumsi, rupanya air tajin juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit berkat kandungan enzim yang dimilikinya. Bukan hanya itu, air tajin juga mengandung vitamin A, vitamin C, serta zat flavonoid yang mampu mencegah penuaan dini.

Reporter:

Andini Aprilliana

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.