Sukses

Tampak Baik-Baik Saja, 10 Gejala Ini Menandakan Mentalmu Sedang Bermasalah

Berikut 10 pertanda seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Gangguan kesehatan mental seperti depresi dapat menyerang siapa saja. Meski dari luar tampak baik-baik saja, bisa jadi seseorang sebenarnya tengah berjuang dengan gangguan tersebut. Malahan, seringkali seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental tak menyadari kalau mereka mengidap gangguan tersebut.

Nah, untuk mengantisipasinya, berikut 10 pertanda seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Bila kamu merasa memiliki satu di antaranya, jangan dianggap sepele dan segera cari pertolongan ya.

1. Merasa sedih dan tak punya harapan

Bila perasaan sedih, merasa tak memiliki harapan, bahkan cenderung mengucilkan diri selama lebih dari 2 minggu melanda dirimu, waspadalah. Tanda-tanda tersebut merupakan tanda awal kalau sebenarnya kesehatan mentalmu sedang bermasalah meski kamu tidak menyadarinya.

2. Tak bisa mengendalikan diri

Apabila kamu merasa perubahan pada dirimu seperti tak lagi suka diatur, tak bisa mengendalikan diri, bahkan mulai melakukan tindakan berisiko, ini pertanda kesehatan mentalmu sedang bermasalah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Merasa takut tanpa alasan

Perasaan takut tanpa alasan yang pasti, jantung berdetak kencang tiba-tiba, sesak napas, dapat menjadi penanda kondisi mentalmu sedang tidak stabil.

4. Perubahan pola makan ekstrem

Apa kamu merasa kesulitan makan, sering memuntahkan makanan, atau malah sebaliknya kamu tak bisa mengontrol apa yang dimakan? Berat badan yang naik dan turun secara ekstrem akibat perubahan pola makan juga dapat menjadi gejala kesehatan mental tengah bermasalah.

5. Mood swings

Suasana hati yang mudah ditebak juga merupakan pertanda kesehatan mental bermasalah. Bisa saja awalnya kamu merasa bahagia, lalu mendadak merasa sedih, kamu menjadi gampang tersinggung, bahkan marah-marah tanpa sebab.

 

3 dari 4 halaman

6. Perubahan pola tidur

Pola tidur yang berubah juga harus kamu waspadai. Bisa saja kamu mendadak berubah menjadi susah untuk bangun tidur atau malah susah untuk tidur sama sekali.

7. Susah konsentrasi

Sulit konsentrasi dapat menjadi penanda kesehatan mental yang bermasalah. Apalagi bila kamu kesulitan untuk tenang. Ini menjadi gejala umum mental sedang bermasalah.

8. Takut melakukan kontak sosial

Bertemu dengan orang atau bahkan keluar rumah membuatmu takut? Merasa menjadi cemas berlebih? Carilah pertolongan karena ini menandakan kesehatan mental yang bermasalah.

 

4 dari 4 halaman

9. Menyalahgunakan narkoba dan minuman beralkohol

Bila kamu mulai mencari pembenaran dengan mengonsumsi narkoba atau minuman beralkohol, kamu harus mencari bantuan.

10. Memiliki niat mengakhiri hidup

Tentu saja ini menjadi pertanda paling kuat kalau mentalmu sedang bermasalah. Keinginan untuk mengakhiri hidup adalah penanda paling riskan dari mental yang bermasalah.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.