Sukses

3 Cara Memasak agar Daging Rendang Empuk dan Tak Alot

Seringkali karena cara mengolah yang tidak tepat, daging rendang yang dimasak terasa alot dan susah dikunyah. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lengkap rasanya Lebaran tanpa hidangan yang identik dengan hari raya tersebut. Sebut saja opor, ketupat, dan rendang. Nah, untuk rendang sendiri memasaknya tidaklah mudah.

Seringkali karena cara mengolah yang tidak tepat, daging rendang yang dimasak terasa alot dan susah dikunyah. Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Memipihkan daging

Trik pertama yang dapat dilakukan adalah memipihkan daging yang akan digunakan. Potong-potong terlebih dahulu dan cuci bersih baru dipotong dan dipipihkan.

Caranya mudah, cukup pukul-pukul dengan alat pemukul daging agar bentuknya menjadi agak pipih. Dengan cara ini, daging yang dimasak tidak terlalu tebal, sehingga lebih empuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Daun pepaya

Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya, cukup balut daging yang sudah dibumbui dengan daun pepaya selama kurang lebih satu jam. Enzim dalam daun pepaya akan membantu daging menjadi lebih empuk.

3. Buah nanas

Nanas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Parut atau blender terlebih dahulu blender tersebut, kemudian baluri ke daging dan biarkan lebih kurang 30 menit. Pilih nanas yang masih muda karena kandngan enzim bromelinnya ampuh untuk menguraikan serat pada daging sapi agar lebih empuk.

Reporter: Ivana Okta Riyani

Sumbe: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.