Sukses

Telur Rebus Matang Sempurna, Ini Cara Mudah Mengetahuinya

Bagaimana mengetahui telur yang direbus matang sempurna dan siap diangkat?

Liputan6.com, Jakarta - Merebus telur susah-susah gampang. Bila telur yang dimasak kurang sempurna, telur tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa saja bakteri di dalamnya belum mati. Sementara bila terlalu matang, teksturnya tak lagi menarik di lidah.

Selain itu, telur yang terlalu lama dimasak juga bisa pecah. Jadi, bagaimana mengetahui telur yang direbus matang sempurna dan siap diangkat?

Sebaiknya saat merebus telur, usahakan untuk merebusnya sampai air yang digunakan benar-benar mendidih. Setidaknya, rebuslah selama 15 menit dengan api sedang. Pastikan apinya tak terlalu kecil dan tak terlalu besar.

Saat telah matang, biasanya telur tersebut akan bergerak dengan mudah di dalam air yang mendidih. Seolah-olah telur tersebut memiliki berat yang lebih ringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, pertanda lain telur yang direbus telah matang adalah buih di airnya yang tak sebanyak saat telur baru dimasukkan ke panci. Airnya juga terlihat lebih jernih dan mendidih sempurna.

Namun bila masih ragu, angkatlah telur tersebut dan letakkan di atas meja. Lalu putar searah jarum jam. Jika telur berputar tanpa bergoyang dan jatuh, berarti telur tersebut telah matang.

Cara lainnya adalah dengan memecahkan sedikit cangkang telur lalu menusuk bagian dalamnya dengan tusuk gigi untuk mengetahui tingkat kematangannya. Mudah, bukan?

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.