Sukses

3 Tips Ini Bisa Menghindarkan Anak dari Pelecehan Seksual

Harus disadari bahwa pelecehan seksual terhadap anak tidak hanya sebatas pada perlakuan fisik saja.

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pertumbuhan, seorang anak tentu memiliki keterbatasan dalam menjaga dirinya sendiri. Ia lazimnya belum dapat sepenuhnya menjaga diri. Mengingat hal tersebut, berita tentang kekerasan pada anak sering kali membuat kita merasa khawatir.

Berdasarkan laporan organisasi Buruh Internasional (ILO), para ahli menyebut sekitar 1,2 juta anak di seluruh dunia, diperkirakan menjadi korban kekerasan seksual dan eksploitasi tenaga kerja. Tentu hal ini bukanlah fakta yang boleh disepelekan.

Sebagai orangtua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk melindunginya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kasus tentang pelecehan seksual salah satunya. Orangtua dituntut untuk peka dan memahami apa yang terjadi pada anak agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pelecehan seksual terhadap anak tidak hanya sebatas pada perlakuan fisik saja. Tindakan tindakan yang tidak melibatkan kontak antara pelaku dan korban seperti memaksa anak menonton film porno, menunjukkan kelamin ke anak.

Untuk itulah, orangtua harus bisa melindungi anak dari bahaya pelecehan seksual pada anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Memberi Pemahaman tentang Pelecehan Seksual

Kenalkan anak pada alat seksual mereka. Berikan pengertian, bagian tubuh mana yang boleh dipegang oleh orang lain/asing.

Pembicaraan seperti ini tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak-anak, agar mereka bisa dengan mudah mengerti apa yang Anda maksudkan.

Dengan begitu, anak-anak Anda bisa jauh lebih berhati-hati.

3 dari 4 halaman

2. Libatkan Diri pada Pembicaraan Anak

Jangan terlalu sibuk, usahakan untuk terlibat dalam kehidupan anak-anak. Sebagai orangtua, tidak boleh terlalu mementingkan pekerjaan saja. Libatkan diri orangtua untuk proses perkembangan anak.

4 dari 4 halaman

3. Jadilah Tempat Curhat Si Kecil

Jadilah sosok yang selalu dapat dipercaya oleh anak-anak. Biasakan mereka untuk selalu nyaman bercerita kepada ibu atau ayah. Berikan ruang bagi si kecil untuk menceritakan sesuatu yang sudah ia alami.

Demikian tiga tips untuk menghindari pelecehan seksual pada anak. Jaga si kecil dari hal-hal yang membahayakannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Reporter:

Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.