Sukses

Menusuk Tulang, Kuat Tinggal di 4 Kota Terdingin di Dunia Ini?

Dalam suhu dingin yang sangat ekstrem, seringkali suhunya mencapai titik yang mungkin tak terbayangkan oleh warga wilayah tropis.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar penduduk Indonesia merasa sangat kepanasan dalam musim sekarang ini, walaupun ternyata ada juga negara yang lebih panas lagi. Mungkin ada juga yang berangan-angan menikmati sejuknya cuaca. Kenyataannya, di berbagai negara lain, cuacanya justru sangat dingin.

Tapi di kota-kota negara ini memiliki suhu dingin yang sangat ekstrem, seringkali suhunya mencapai titik yang mungkin tak terbayangkan oleh kita tinggal di negara tropis ini.

Saking dinginnya, sampai suatu hari ada mahasiswa yang tinggal di Rusia melakukan percobaan saat musim dingin. Ia melempar air panas ke luar rumah. Dan, air yang mendidih itu langsung menjadi salju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Yakutsk, Rusia

Kota terdingin di dunia yang pertama yaitu kota Yakutsk di Rusia, pada musim dingin rata-rata temperaturnya antara -40 derajat Celcius hingga -50 derajat Celcius, bahkan pernah mencapai -65 derajat Celcius.

Walaupun memiliki cuaca yang sangat ekstrem pada saat musim dingin, tapi kota ini tetap dihuni oleh sekitar 300 ribu orang. Mata pencaharian penduduk kota ini terdapat pada industri pertambangan. Kota ini punya beberapa pusat teater, museum, dan bahkan kebun binatang.

3 dari 5 halaman

2. Verkhoyansk, Rusia

Masih di negara Rusia, kota terdingin dunia selanjutnya adalah kota Verkhoyansk. Kota Verkhoyansk berada di sekitar Sungai Yana atau sekitar 4.675 km dari ibukota negara Rusia yaitu Moskow. Suhu terendahnya bisa mencapai -69,8 derajat Celsius.

Karena dinginnya suhu di kota tersebut, penduduknya selalu menggunakan topi yang terbuat dari bulu hewan untuk menutup kepala, juga jaket tebal. Mereka benar-benar tinggal di rumah jika suhu sungguh tak tertahankan.

Sebagai informasi, Verkhoyansk dulunya dipakai sebagai tempat pengasingan para tahanan politik dari tahun 1860 hingga awal abad 20, semata-mata karena lokasinya yang begitu dingin.

4 dari 5 halaman

3. International Falls, Minnesota, AS

Meski tak sedingin seperti dua kota di Rusia, namun kota ini memiliki musim dingin yang panjang dan dingin dengan suhu terdingin mencapai minus 16 derajat Celcius.

Suhu berada di 0 derajat hanya selama 60 malam dalam setahun, selebihnya kota ini tertutup salju tebal.

5 dari 5 halaman

4. Fraser, Colorado

Kota kecil ini terletak di ketinggian 2.630 meter di atas permukaan laut di lereng Rocky Mountain yang dihuni kurang dari 1.000 penduduk.

Fraser adalah salah satu kota paling dingin di Amerika selama musim dingin, dengan suhu rata-rata 0 derajat Celcius.

Reporter:

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.