Sukses

Sering Gatal Tanpa Sebab? Bisa Jadi 5 Tanda Penyakit Mematikan Ini

Kulit sering gatal bisa jadi tanda penyakit serius.

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal kerap dirasakan oleh setiap individu dari berbagai usia. Biasanya rasa gatal akan dengan mudah hilang jika digaruk. Penyebab rasa gatal yang paling umum yaitu akibat gigitan nyamuk yang akan hilang dengan mudah ketika digaruk. 

Namun ada beberapa jenis rasa gatal yang mungkin belum kalian ketahui. Ada juga rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi yang bisa bertahan hingga berhari-hari. Ya, rasa gatal pada kulit nyatanya bisa menjadi pertanda akan suatu penyakit apalagi jika rasa gatal kerap terjadi dalam jangka panjang. Tak hanya alergi, penyakit tersebut mulai dari yang ringan hingga cukup serius.

Dikutip Boldsky, berikut ini beberapa penyakit kronis yang ditandai dengan rasa gatal pada tubuh:

1. Gagal Ginjal

Seperti yang kita ketahui ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring darah dari zat serta senyawa asing dalam tubuh yang biasanya kita konsumsi dari makanan dan minuman.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penderita penyakit ginjal baik itu yang mayor ataupun minor ditandai dengan kulit yang kerap gatal. Jika penyakit tersebut telah kronis, rasa gatal yang dirasakan akan lebih intens. Rasa gatal tersebut diakibatkan oleh racun yang tak mampu disaring ginjal menyebar di aliran darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Liver

Serupa dengan gagal ginjal, penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong berbahaya. Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada trubuh yang bersifat racun.

3 dari 5 halaman

3. Limfoma

Rasa gatal yang sering dirasakan bisa jadi merupakan salah satu gejala dari penyakit Limfoma. Limfoma merupakan jenis kanker darah yang menyerang limfosit yaitu sel darah putih yang membentuk sistem kekebalan tubuh seseorang. Orang yang menderita penyakit ini biasanya kerap merasakan gatal di sekujur tubuhnya.

4 dari 5 halaman

4. Celiac

Jika kalian kerap merasakan gatal diiringi dengan ruam merah disekitar lutut, siku, atau area hairline bisa jadi ini tanda dari penyakit Celiac. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tubuh yang tak mampu mencerna kadar gluten yang dikonsumsi. Diet bebas gluten bisa menjadi solusi untuk penyakit ini.

5 dari 5 halaman

5. Tiroid

Penyakit Tiroid juga ditandai dengan rasa gatal pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon Tiroid dalam tubuh. Ada dua jenis gejala penyakit tiroid ini yaitu Hipotiroidisme yang disebabkan karena terlalu rendahnya kadar hormon Tiroid pada tubuh dan Hipertiroidisme yaitu terlalu tingginya kadar hormon Tiroid.

Itulah beberapa penyakit serius yang bisa ditandai dengan rasa gatal pada tubuh. Jadi ada baiknya kalian waspada dan periksakan diri ke dokter jika kerap merasakan gatal pada kulit tanpa alasan yang jelas ya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.