Sukses

Para Ibu, Jangan Panaskan Lagi 5 Makanan Ini Saat Sahur

Pada kenyataannya, tidak semua makanan aman untuk dimakan setelah dihangatkan kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghemat waktu dan tenaga, seringkali para ibu memilih untuk menghangatkan makanan yang tidak habis dimakan saat berbuka puasa pada saat sahur. Akan tetapi pada kenyataannya, tidak semua makanan aman untuk dimakan setelah dihangatkan kembali.

Proses kimia yang terjadi setelah makanan dihangatkan kembali adalah alasannya. Ada yang berubah menjadi bersifat racun setelah dipanaskan. Berikut makanan-makanan tersebut.

1. Bayam

Seringkali dilakukan, hindari memanaskan kembali sayur bayam. Setelah dimasak, bayam hendaknya segera dikonsumsi. Hal ini dikarenakan bila dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya dapat berubah menjadi nitrit dan menjadi karsinogenik ketika dikonsumsi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Brokoli

Tak jauh berbeda dengan bayam, brokoli adalah sayur yang tak baik bila dipanaskan kembali. Brokoli yang dipanaskan kembali dapat memicu kanker karena kandungan nitratnya yang telah berubah.

3. Daging ayam

Daging ayam yang dipanaskan kembali dapat merusak struktur proteinnya dan berujung pada gangguan pencernaan. Untuk mencegah hal tersebut, bila memang terpaksa memanaskan daging ayam, gunakan api kecil.

 

3 dari 3 halaman

4. Jamur

Jamur juga sebaiknya segera dikonsumsi setelah dimasak. Bila akan dikonsumsi untuk sahur, makanlah dalam keadaan dingin. Sebab jamur yang dipanaskan kembali dapat mengganggu pencernaan.

5. Telur

Memanaskan kembali telur rebus dapat membuatnya bersifat letal dan buruk bagi kesehatan. Hindari hal tersebut dan lebih baik konsumsi telur rebus dalam keadaan dingin bila terpaksa.

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.