Sukses

USU Resmikan Dr Sjahrir Corner Collection, Punya Ribuan Koleksi Buku Sjahrir

Adanya perpustakaan ini diharapkan mampu meningkatkan literasi, semangat pluralisme, serta cara berpikir komprehensif di generasi muda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Sumatera Utara (USU) meresmikan Dr Sjahrir Corner Collection pada Senin (7/9/2020) secara daring. Perpustakaan ini berisi ribuan buku-buku koleksi Dr Sjahrir yang segera beroperasi di lantai satu gedung perpustakaan USU.

Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir yang hadir dalam peresmian ini terkenang dengan kecintaan dan perhatian ayahnya pada dunia pendidikan. Ia menyampaikan bahwa rasa cinta dan perhatian Dr Sjahrir bagi pendidikan dan kemajuan bangsa Indonesia sangatlah tinggi.

“Bagi saya, Dr Sjahrir merupakan seorang ayah, pejuang, edukator, ekonom dan seorang visioner. Bagi beliau membaca adalah kegiatan intelektual yang membuka cakrawala pemikiran kita untuk memahami setiap perbedaan yang ada,” kata Pandu dalam sambutannya.

Pandu berharap kehadiran perpustakaan ini mampu meningkatkan literasi, semangat pluralisme, serta cara berpikir komprehensif di generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa USU yang akan membangun negeri bersama-sama ke depan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Buku-buku di Perpustakaan Ini dari Koleksi Pribadi

Istri almarhum Dr Sjahrir yang juga merupakan ketua yayasan Dr Sjahrir, Nurmala Kartini Sjahrir mengatakan bahwa hari peresmian ini merupakan hari yang mengharukan bagi segenap keluarga yayasan Dr Sjahrir.

Kartini mengatakan ribuan buku-buku yang disumbangkan merupakan buku koleksi Dr Sjahrir selama berpuluh-puluh tahun. Sebagian juga ditulis sendiri oleh Sjahrir. Akses koleksi buku yang ada di Dr Sjahrir Corner Collection nantinya bisa dibaca baik secara daring maupun secara langsung di perpustakaan.

"Buku yang disumbangkan merupakan koleksi pribadi dari almarhum suami saya, yang telah dimiliki dan dikumpulkan selama puluhan tahun. Beberapa buku juga ditulis sendiri sebagai kumpulan ide terkhusus mengenai ekonomi dan politik, yang menjadi ladang pengabdian Sjahrir," tutur doktor di bidang Antropologi ini.

 

3 dari 3 halaman

Jadi Inspirasi Bagi Mahasiswa

Almarhum Dr Sjahrir merupakan aktivis dan ekonom Indonesia. Ia banyak berkutat di bidang ekonomi politik dengan segudang prestasi dan berbagai buku yang pernah dihasilkan dari pemikirannya.

Beliau juga pernah mendirikan sebuah partai bernama Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) dan pernah menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang ekonomi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Semoga semangat yang dimiliki Sjahrir serta memangku jabatan penting lainnya dalam bidang ekonomi pendidikan dan politik bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa. Dengan adanya Dr Sjahrir collection ini kita bisa memahami minat baca dan kepribadiannya," kata Rektor USU, Runtung Sitepu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.