Sukses

Mudik dengan Mobil Pribadi Aman dan Nyaman? Perhatikan 6 Hal Ini

6 hal ini sering diabaikan ketika hendak mudik dengan mobil pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi, tentu banyak di antara kalian yang sudah tak sabar untuk mudik. Mudik menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh mereka yang tinggal merantau dan jauh dari kampung halaman. Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk bisa menghabiskan Hari Raya bersama keluarga yang sudah tak lama berjumpa bukan?

Mudik biasanya dilakukan menggunakan pesawat, kereta api, hingga kendaraan pribadi. Meski membutuhkan waktu yang lebih panjang, banyak orang yang merasa lebih nyaman untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Meski begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kalian memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi.

Tak hanya untuk kenyamanan, deretan hal tersebut wajib kalian perhatikan demi keselamatan kalian ketika mudik. Lantas apa saja hal yang wajib kalian perhatikan ketika hendak mudik menggunakan mobil pribadi? Berikut ini uraiannya:

1. Perhatikan Kondisi Mesin

Hal pertama yang sangat wajib kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi adalah keadaan mesin mobil. Pergilah ke bengkel sebelum kalian berangkat ke kampong halaman. Periksakan kondisi mobil secara keseluruhan demi keselamatan di jalan, mulai dari ban hingga mesin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jangan Bawa Kapasitas Berlebih

Hindari membawa kapasitas berlebih di dalam mobil. Selain anggota keluarga, biasanya banyak yang membawa barang untuk oleh-oleh ke kampong halaman. Hanya saja perhatikan kapasitas di dalam mobil ya, jika berlebihan bisa membahayakan jiwa loh.

3 dari 6 halaman

3. Hindari Membawa Makanan yang Mudah Basi

Untuk perbekalan di jalan selama berhari-hari tentunya makanan menjadi bawaan wajib di dalam mobil. Hal ini lantaran tak di setiap lapar kita bisa menemui tempat makan apalagi jika harus terjebak macet. Namun ada baiknya kalian membawa makanan yang praktis dan tak mudah basi ya.

4 dari 6 halaman

4. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Sama seperti makanan, kalian juga harus membawa uang tunai yang cukup. Hal ini lantaran tak setiap saat kalian bisa menemukan ATM. Jadi apabila ada keadaan darurat kalian tak perlu kebingungan mencari ATM dulu.

5 dari 6 halaman

5. Istirahat yang Cukup

Hal ini sering diabaikan oleh pengemudi ketika pergi mudik. Ketika tubuh sudah terasa lelah dan mengantuk, ada baiknya kalian berhenti sejenak untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri.

6 dari 6 halaman

6. Sedia GPS

Hal satu ini juga kerap dilupakan, padahal cukup penting loh. Ada baiknya kalian maping jalur mudik sebelum berangkat dan selalu sedia GPS untuk mencari alternatif jalur ketika terjebak kemacetan.

Reporter: Gadis Abdul

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.