Sukses

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 32 Ribu Pohon dari PLN Hijaukan Indonesia

PLN menanam 32 ribu pohon dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Biasanya, peringatan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi alam. Salah satunya, dengan aksi penanaman pohon.

Tidak mau ketinggalan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) puin turut menanam pohon di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Bahkan, jumlahnya mencapai 32 ribu pohon yang ditanam di seluruh wilayah operasional PLN dari Sabang-Merauke.

Untuk penanaman di Jakarta, dilaksanakan di beberapa lokasi. Antara lain, di Kampung Iklim Lenteng Agung, Bantaran Sungai Ciliwung Tebet, dan RPTRA Bambu Kuning Palmerah. Adapun masing-masing lokasi menanam sebanyak 1.000 pohon.

Dalam penanaman di RPTA Bambu Kuning, hadir Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, General Manager PLN Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan Didik Sudarmadi, dan Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna.

Muhammad Ali menyatakan, program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan. Program itu pun, dia sebutkan, akan dilakukan secara berkala oleh seluruh unit PLN.

"Semoga program ini juga dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan proper dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar proper hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh proper emas," katanya.

Ali berharap, agar warga Keluruhan Kota Bambu dapat menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut dan dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam di lingkungan sekitar. Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu pun, PLN memberikan bantuan biaya perawatan agar pohon yang ditanam bertahan hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Kepedulian PLN

Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna mengatakan, setelah bantuan dari PLN ini warga perlu terus berkomitmen untuk melestarikan 1.000 pohon itu. Tujuannya, tentunya untuk mencapai lingkungan yang lebih hijau.

“Mudah-mudahan setelah nanti sumbangan pohon akan jadi stimulan bagi Kecamatan Palmerah. Inilah bentuk kepedulian PLN dalam menciptakan lingkungan sejuk di wilayah padat," ucapnya.

Dia berpesan, agar warga bisa menjaga pohon-pohon tersebut. Artinya, warga harus punya rasa memiliki atas pohon-pohon itu.

Sementara itu, jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal, dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran.

Untuk lokasi penanaman pohon, difokuskan di wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum. Misalnya, pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Berbicara soal total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia pada 2018, jumlahnya tergolong banyak. Mencapai 56 ribu pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.