Sukses

Lakukan 5 Hal Ini dalam Hidup untuk Buat Bumi Lebih Baik

Hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini contohnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 5 Juni 2018 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Dengan semakin tuanya usia Bumi dan polusi di mana-mana, sudah sepatutnya kita berkontribusi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Ada beberapa cara mudah untuk berkontribusi terhadap lingkungan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini. Hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini contohnya. Dilansir dari Indiatvnews,com, ini dia.

1. Mendaur ulang sebanyak mungkin

Membiasakan mengubah sampah menjadi barang dekorasi yang menarik, terutama plastik, cukup membantu mengurangi jumlah sampah. Sedapat mungkin, ciptakan barang-barang dari sesuatu yang telah ada sehingga dapat mengurangi limbah yang seharusnya menumpuk di tempat pembuangan akhir.

2. Membuat pupuk kompos dari sampah dapur

Ketimbang membuang sampah-sampah dapur yang seperti sayuran dan sisa makanan, ada baiknya Anda membuat pupuk dari limbah biodegradable tersebut. Dari sampah basar dapur tersebut, Anda bisa menjadikannya pupuk yang cukup bermanfaat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menghemat air

Menghemat penggunaan air memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Gunakan air seperlunya, bahkan saat menyiram tanaman bila Anda hobi berkebun.

Cara yang paling mudah adalah mengelompokkan tanaman kecil dan besar bersama-sama. Ini dapat membantu menghemat air di musim panas. Dengan mengaturnya dalam bentuk berkelompok, tanaman besar akan melindungi tanaman kecil sehingga mengurangi tugas menyiram tanaman setiap hari.

4. Menambahkan tanaman pemurni udara di dalam/luar rumah

Ini dapat membantu membuat tempat Anda menjadi tempat yang lebih baik untuk bernapas. Aloe vera, Snake plant, Ficus, Tulsi, dan Pipal ada beberapa contoh tanaman yang efektif mendinginkan udara serta menghilangkan polutan dan virus berbahaya di udara. Menyimpan tanaman ini di kamar tidur bahkan dapat membantu Anda mendapatkan pasokan oksigen untuk tubuh.

 

3 dari 3 halaman

5. Beralih ke Terakota daripada plastik dalam berkebun

Tumbuhan dan pohon memberi kita oksigen. Ironisnya, populasi utama dunia sekarang ini terbungkus plastik yang berbahaya bagi lingkungan dan tanaman. Cobalah mengganti plastik dengan terakota untuk membantu mengurangi sampah di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.