Sukses

12 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak yang Mudah, Aman, dan Tanpa Rasa Sakit

Adanya bulu ketiak memang terlihat memalukan. Anda pun bisa menghilangkannya dengan cara aman

Jakarta Adanya bulu ketiak sebenarnya memiliki fungsi untuk kesehatan. Namun karena tampilannya yang memalukan, banyak orang yang ingin menghilangkannya. Terutama bagi kamu wanita yang gemar menggunakan baju tanpa lengan. Selain karena alasan estetika, bulu ketiak juga bisa menjadi awal munculnya bau badan.

Padahal bulu ketiak memiliki beberapa fungsi lho, ini penjelasannya:

1. Melindungi kulit ketiak dari bakteri

2. Melindungi kulit ketiak dari racun yang berasal dari luar tubuh

3. Melindungi kulit ketiak dari zat-zat kimia yang berasal dari berbagai produk agar tidak mudah memasuki kulit ketiak seperti deodorant, bedak, dan krim

4. Melindungi ketiak dari gesekan

5. Melindungi payudara

Terdapat kelenjar yang berkaitan langsung dengan payudara pada ketiak. Pada kelenjar ini, jika ada zat-zat kimia atau racun yang masuk secara terus-menerus akan dapat menyebabkan gangguan pada payudara.

6. Menarik calon pasangan

Kelenjar apokrin yang terdapat pada ketiak ternyata mampu menarik calon pasangan Anda. Seperti feromon, kelenjar apokrin akan memproduksi berbagai aroma yang dapat menarik pasangan Anda.Bahkan penelitian menyatakan bahwa bau ketiak setiap orang berbeda. Hal ini juga sebagai salah satu identitas unik manusia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berdasarkan penjelasan di atas, bulu ketiak yang tumbuh secara alami ternyata bukan tumbuh tanpa alasan.

Namun jika Anda ternyata masih berkeinginan untuk menghilangkan bulu ketiak Anda, maka ada banyak cara menghilangkan bulu ketiak yang aman dan alami. Simak caranya di bawah ini seperti yang dirangkum Liputan6.com (5/6).

Cara menghilangkan bulu ketiak

Cara menghilangkan bulu ketiak ada banyak. Mulai dari yang harus merogoh kocek dalam-dalam hingga yang tidak perlu mengeluarkan sepeser pun uang. Ada yang harus ke dokter ada pula yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut cara menghilangkan bulu ketiak secara alami yang diijamin aman.

Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami

3 dari 6 halaman

1. Pepaya muda, kunyit, dan lidah buaya

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bulu ketiak secara alami dan cepat untuk wanita dan pria yang pertama adalah dengan menggunakan campuran pepaya, kunyit, lidah buaya, dan bahan lainnya. Kandungan papain dalam pepaya akan mencegah pertumbuhan rambut sehingga bulu ketiak tidak akan timbul lagi. Selain sebagai cara untuk menghilangkan bulu ketiak, pepaya juga dapat menjadi pemutih kulit ketiak yang alami. Pepaya cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain pepaya, kunyit digunakan karena dapat berfungsi sebagai antibakteri sehingga bisa ikut menyehatkan kulit. Sedangkan lidah buaya berfungsi sebagai cara agar kulit ketiak tidak menjadi gelap. Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya.

Bahan:

  • Pepaya muda 1 buah
  • Kunyit bubuk atau parutan kunyit 2 sdm
  • Gel lidah buaya 4 sdm
  • Minyak atsiri atau minyak lavender 1 sdt

Cara membuat:

  1. Ambil daging pepaya muda dan haluskan dengan blender tanpa menggunakan air atau haluskan dengan menumbuk
  2. Campurkan pepaya muda yang telah dihaluskan, kunyit bubuk, gel lidah buaya, dan minyak atsiri, aduk
  3. Oleskan pada ketiak hingga merata
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bersihkan dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu ketiak Anda
  6. Bersihkan lagi sisanya dengan menggunakan air dingin yang bersih lalu keringkan

Untuk hasil yang optimal, lakukan 3 kali dalam seminggu setiap sesudah mandi.

2. Kunyit

Kandungan minyak volatile yang ada dalam kunyit bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Kunyit juga mengandung kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang menetralkan radikal bebas. Selain itu kunyit juga berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak Anda.

Yang Anda perlukan adalah 2 sdt kunyit bubuk atau 2 ruas jari kunyit yang kemudian dihaluskan. Tambahkan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada kulit ketiak secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

4 dari 6 halaman

3. Lemon, gula, dan madu

Perpaduan antara lemon, gula, dan madu terbukti ampuh untuk merontokkan bulu ketiak Anda. Gula dan madu merupakan pelengkap dari bahan utama yakni lemon agar khasiatnya semakin ampuh.

Campurkan 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt madu dan 1 sdm air perasan lemon. Aduk hingga merata. Oleskan pada ketiak secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan kain hangat berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak. Lalu bersihkan lagi dengan menggunakan air dingin yang bersih.

4. Lemon dan mentimun

Perpaduan antara lemon dan mentimun ternyata juga terbukti ampuh dapat merontokkan bulu ketiak. Caranya adalah dengan memarut mentimun lalu campurkan parutan mentimun dengan air perasan setengah jeruk nipis. Campurkan dengan diaduk. Lalu oleskan pada ketiak Anda dan diamkan selama 15 menit saja. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

5. Kapur sirih

Kapur sirih kaya akan manfaat karena mengandung kadinen, karkavol, kavinol, dan zat samak yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu karena kandungan zat-zat tersebut yang bersifat panas. Kapur sirih juga digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak permanen dan memutihkan ketiak. Selain mampu mencerahkan, kapur sirih juga mampu mengurangi atau merontokkan bulu ketiak.

Caranya adalah dengan mencampur 1 sdm kapur sirih dengan air lemon hingga berbentuk pasta. Sebelum dioleskan pada ketiak, pastikan ketiak dalam keadaan bersih. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

5 dari 6 halaman

6. Jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang amat tinggi pada jeruk nipis akan mampu merontokkan rambut halus pada ketiak. Cara menghilangkan bulu ketiak permanen dengan jeruk nipis adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi uda bagian lalu gosok-gosokkan pada kulit ketiak Anda secara merata. Lakukan setiap hari sebagai pengganti deodorant.

7. Jintan putih dan kapur barus

Jintan putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja namun juga sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara alami. Jintan putih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan rambut. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 50 gram jintan putih dan 2 sdt kapur barus halus yang sudah dihaluskan. Campurkan dua bahan tersebut lalu tuang air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan pada ketiak secara merata, diamkan 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.Cara menghilangkan bulu ketiak secara modern

Setelah cara menghilangkan bulu ketiak secara alami, berikutnya adalah cara menghilangkan bulu ketiak secara moder. Cara menghilangkan bulu ketiak secara modern ini tentu memerlukan biaya. Mulai dari yang murah hingga mahal. Simak di bawah ini.

8. Laser

Sebelum Anda mencoba cara menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan laser, pastikan dokter kecantikan yang Anda datangi sudah berpengalaman dalam bidangnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan laser selain harganya mahal juga masih sangat jarang di Indonesia. Laser sebagai cara menghilangkan bulu ketiak berfungsi untuk mematikan folikel pada bagian akar rambut agar rambut tidak tumbuh lagi.

9. Krim perontok

Cara menghilangkan bulu ketiak secara modern yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan krim perontok. Krim perontok ini cukup ampuh untuk merontokkan dan menghentikan pertumbuhan rambut. Namun perlu diingat bahwa bisa saja menimbulkan efek samping seperti iritasi karena menggunakan bahan kimia.

10. Mencukur

Mencukur bulu ketiak merupakan cara yang paling populer untuk menghilangkan bulu ketiak. Peralatan mencukur pun sekarang semakin canggih. Namun mencukur rambut tidak serta merta bahwa rambut tidak akan tumbuh lagi. Anda harus rutin mencukur rambut karena dengan mencukur tidak menghentikan pertumbuhan rambut.

6 dari 6 halaman

Cara menghilangkan bulu ketiak yang tidak boleh dilakukan

Terdapat dua cara menghilangkan bulu ketiak yang populer di kalangan masyarakat namun ternyata mempunyai efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh Anda.

11. Waxing

Melakukan waxing pada bagian ketiak dapat menyebabkan kanker payudara. Hal ini terjadi karena akan membuat racun dan zat-zat berbahaya mengendap pada kulit ketiak ketika proses waxing berlangsung dan sesudahnya.

12. Mencabuti bulu ketiak

Mencabuti bulu ketiak dapat membuat pori-pori membesar dan menambah peluang masuknya zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Sekarang Anda telah mengetahui fungsi bulu ketiak, cara menghilangkan bulu ketiak secara alami dan modern, serta cara menghilangkan bulu ketiak yang tidak boleh Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.