Sukses

Ini 5 Cara Ampuh Hindari dan Lawan Begal Motor

Agar terhindar dari tindak kejahatan begal lakukan 5 hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan kasus begal bersenjata yang terjadi di kawasan Summarecon Bekasi. Tentu hal ini membuat warga khususnya pengendara motor was-was.

Tindak kejahatan begal memang kerap terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air. Tak hanya merampas benda milik korban, pelaku begal yang kerap membawa sejata tajam tak sungkan untuk menghabisi nyawa korban.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian pengendara motor untuk terus waspada dan juga menghindari bepergian pada malam hari. Selain itu, jika kalian telah berada di dalam kondisi genting seperti menjadi sasaran para begal ada beberapa hal yang wajib untuk dilakukan.

Beberapa hal tersebut bisa membantu kalian terhindar dari tindak kejahatan begal tersebut, berikut 5 hal yang harus dilakukan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bunyikan Klakson Sekeras Mungkin

Jika sekiranya kalian merasa sesuatu mencurigakan ketika sedang berkendara pada malam hari seperti diikuti oleh segerombolan orang, segera bunyikan klakson sekeras mungkin dan tanpa jeda. Ini tentunya untuk menarik perhatian orang lain atau warga sekitar.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Berhenti di Tempat Sepi pada Malam Hari

Pelaku begal biasanya melancarkan aksinya sekitar pukul 23.00 hingga 04.00 pagi dan mencari korban di tempat yang sepi. Oleh karena itu hindarilah bepergian pada malam hari dan usahakan tidak melewati jalan yang sepi. Namun, jika terpaksa harus berhenti carilah tempat yang aman dan ramai oleh warga.

4 dari 6 halaman

3. Persenjatai Diri

Hal yang tak kalah penting, untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan ada baiknya kalian membawa senjata. Kalian cukup bawa penyemprot merica (pepper spray) atau alat kejut listrik (stun gun) di tas.

5 dari 6 halaman

4. Hafalkan Pelat Motor Pelaku

Jika sudah menjadi korban dan pelaku membawa senjata tajam, ada baiknya kalian tak melawan dan menyerahkan benda berharga yang mereka inginkan seperti smartphone. Tapi jangan lupa untuk mengenali ciri-ciri pelaku dan menghapal pelat kendaraannya.

6 dari 6 halaman

5. Hindari Jalan Sepi

Sebisa mungkin hindari melewati jalan sepi jika harus pulang larut malam dengan menggunakan sepeda motor. Lebih baikcari alternative jalan lain yang cukup ramai. Tak masalah jika harus lebih jauh, hal ini tentu demi keselamatan diri dan menghindari begal tersebut.

Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.