Sukses

7 Hal Penyebab Memar Mendadak Muncul di Tubuh Anda

Apa yang harus dilakukan jika Anda menemukan memar di kulit tanpa alasan? Mengapa hal ini bisa terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang harus dilakukan jika Anda menemukan memar di kulit tanpa alasan? Mengapa hal ini bisa terjadi?

Berikut beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab timbulnya memar di tubuh seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu yang mempengaruhi darah dapat menyebabkan munculnya memar. Sebagian besar, obat yang menyebabkan memar adalah antidepresan, analgesik, obat anti-inflamasi, anti-asma, dan aspirin. Jika Anda telah mengetahui hubungan antara minum obat tertentu dengan peradangan pada kulit, Anda harus menemui dokter Anda setelahnya.

2. Penyakit darah

Penyakit darah dan pembuluh darah dapat menyebabkan memar. Varises, Willebrand, trombositopenia, atau bahkan leukimia sering disebabkan oleh masalah sirkulasi darah. Jangan tunda kunjungan ke dokter, terlebih bila diikuti dengan gejala lain seperti nyeri, kaki bengkak, gusi berdarah, atau mimisan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Diabetes

Diabetes memiliki pengaruh negatif pada proses sirkulasi darah sehingga sangat mudah menyebabkan memar. Memar tersebut juga dapat menjadi gejalan penyakit ini pada tahap yang sangat awal.

Gejala lainnya adalah Anda sering merasa haus, luka sembuh lebih lama, cepat lelah, penglihatan kabur, dan bintik-bintik putih di kulit.

4. Perubahan terkait usia

Memar di kulit juga bisa terjadi karena pengaruh usia. Seiring bertambahnya umur, sistem vaskular menjadi lemah karena usia dan kehilangan elastisitasnya. Kebanyakan memar yang berkaitan dengan usia muncul pada kaki.

 

3 dari 3 halaman

5. Angkat beban

Latihan angkat beban juga dapat menjadi penyebab timbulnya memar. Ini berarti, pembuluh darah Anda sudah sangat lemah dan aktivitas fisik hanya menambah berat hal tersebut.

Akan tetapi, aktivitas fisik terlalu banyak juga dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang sehat sekalipun. Misalnya, latihan beban yang tak didahului dengan pemanasan.

6. Kekurangan nutrisi

Beberapa memar yang tak dapat dijelaskan dapat menjadi sinyal bahwa tubuh tidak mendapatkan unsur-unsur nutrisi yang diperlukan. Misalnya, B12 dibutuhkan dalam produksi darah, vitamin K bertanggung jawab untuk pembekuan darah, atau bahkan vitamin C yang berperan pentin dalam penciptaan jaringan baru.

7. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang tidak seimbang juga dapat menjadi penyebab memar. Biasanya ini muncul bila kadar estrogen Anda terlalu rendah. Situasi semacam ini biasa terjadi jika Anda menopause, mengonsumsi obat hormonal, atau tengah hamil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.