Sukses

Yuk Coba, 7 Masker Alami yang Ampuh Kecilkan Pori-Pori Wajah

Berikut 7 cara untuk menjadikan pori-pori lebih kecil dengan cara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Pori-pori kulit cenderung membesar ketika kelenjar sebasea tersumbat. Ini membuat wajah memiliki corak yang terlihat cacat dan tidak rata. Ujung-ujungnya, wajah pun terlihat lebih tua.

Tapi tak perlu khawatir, berikut 7 cara untuk menjadikan pori-pori lebih kecil dengan cara alami. Melansir dari Besthealthyguide.com, ini dia.

1. Masker almond

Almond kaya akan asam lemak yang mengencangkan kulit dan melembabkan pori-pori. Untuk membuat masker almond sendiri, giling secangkir almond hingga halus. Kemudian, campurkan 3 sendok makan air untuk membuat pasta. Oleskan masker ke wajah, biarkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.

2. Masker madu

Madu memiliki sifat anti inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh melawan pori-pori besar dan meningkatkan kesehatan kulit. Campurkan sejumlah madu dan oatmeal dalam jumlah yang sama untuk membuat masker. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit baru bilas sampai bersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Masker tomat

Tomat kaya akan kalsium, nutrisi dengan sifat pemurnian. Jus tomat sangat cocok untuk mengurangi kemerahan di wajah dan peradangan. Oleskan jus tomat ke wajah dengan menggunakan kapas, biarkan selama beberapa tomat sebelum membilasnya dengan air dingin.

4. Masker pepaya

Buah ini kaya akan mineral seperti magnesium dan potasium. Vitaminnya juga sangat tinggi, membantu melawan jerawat dan komedo.

Untuk mengobati pori-pori yang membesar, gosok bagian dalam buah pada wajah dan biarkan selama sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih setelahnya.

 

3 dari 3 halaman

5. Masker mentimun

Enzim dan kandungan air mentimun membantu regenerasi sel kulit serta perawatan kulit berminyak, kekeringan, dan kemerahan. Kupas dan iris mentimun lalu campurkan 2 sendok makan tepung maizena.

Oleskan ke wajah dan biarkan bekerja selama 15 menit. Setelahnya bilas, lalu oleskan pelembab.

6. Masker telur, lemon, dan oat

Putih telur menjaga kulit tetap kencang, sementara jus lemon menghilangkan sebum berlebih dan mengeringkan jerawat. Untuk membuat maskernya, kocok telur hingga berbusa dan campur 2 sendok makan jus lemon.

Masukkan oatmeal dan aduk hingga halus. Oleskan ke wajah dan biarkan bekerja selama beberapa menit, baru bilas sampai bersih.

7. Baking soda

Sifat anti-peradangan dan anti-bakteri baking soda sangat cocok untuk jerawat, noda, dan masalah kulit lainnya. Caranya, campur soda kue dan air dengan jumlah yang sama. Oleskan di wajah dan pijat lembut. Setelah 20 menit baru bilas sampai bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.