Sukses

Dicemooh Cuma Monyet yang Jadi Pembeli, Ini yang Dilakukan Pemilik Toko

Saat membuka tokonya di tengah kebun, wanita ini dicemooh oleh orang bahwa hanya monyet yang akan menjadi pembelinya.

Liputan6.com, Jakarta Sering kali saat memulai bisnis, ada orang-orang yang meremehkan pilihan yang Anda ambil. Namun, apabila Anda memiliki tekad yang kuat, bukan tidak mungkin Anda bisa membalikkan perkataan orang-orang yang meremehkan Anda.

Seperti kisah berikut ini. Saat Hamidah Abdul (56) memutuskan membuka toko kelontongnya di tengah kebun karet lima tahun lalu, banyak yang mencibirnya. Lokasi yang diambil Hamidah dianggap tidak strategis.

"Beberapa orang mencibir kalau pelangganku nanti palingan hanya monyet. Tapi cibiran itu aku anggap sebagai penyemangat," ujar Hamidah.

Bermodalkan 5.000 ringgit atau setara Rp 17,8 juta, ia bersama saudara sepupunya memutuskan terjun ke bisnis ritel. Lokasi yang mereka pilih memang sedikit tak lazim karena terletak di tengah perkebunan karet, di Jalan Tun Razak-Tehel, Jasin, Malaka, Malaysia.

Meski memiliki tekad kuat, Hamidah sempat merasa bimbang. Ia juga mempunyai kekhawatiran bisnisnya tak akan berlangsung lama. Namun, ia dan sepupunya tak henti berusaha menemukan strategi yang tepat untuk kondisi toko yang berdiri di tengah perkebunan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia kemudian membuat strategi jitu. Toko Hamidah menerapkan strategi pesan-antar dengan layanan ongkos kirim gratis. Siapa sangka, ini terbukti efektif dan kebutuhan serta permintaan pelanggan bisa cepat terpenuhi.

"Meski tidak dikunjungi setiap waktu, pelanggan yang butuh barang cukup memesan lewat WhatsApp. Bahkan ada yang masih pakai cara menulis surat lewat tukang pos," tutur dia, seperti dikutip dari Harian Metro.

Setelah pesanan diterima, barang akan langsung dikirim ke pelanggan tanpa ongkos kirim. Ia juga tak membatasi area pengiriman. Beberapa lokasi pengiriman bahkan lebih jauh dari tokonya.

Perempuan itu kini bisa bernapas lega. Meski tokonya berada di tengah areal perkebunan, ia telah memiliki 150 pelanggan tetap tiap bulan.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.