Sukses

7 Destinasi Memukau di Sumba Rekomendasi Traveler Cantik

Keindahan alam Sumba yang memukau memang tak ada duanya.

Liputan6.com, Waigapu - Keindahan alam Sumba yang memukau memang tak ada duanya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau seribu bukit ini tak perlu repot-repot mencari tempat untuk berwisata.

Janet Margareth Yohanes, biasa di panggil Janet, traveler yang akhir-akhir viral di media sosial, cetak dan online merekomendasikan 7 tempat yang wajib di kunjungi di Sumba. Traveler cantik ini telah menjelajahi Sumba di sela-sela kesibukannya sebagai karyawan bank di Kupang.

Selama ini, gadis yang mempunyai akun instagram @janetmargareth93 ini selalu konsisten mempromosikan keelokan Sumba di dalam postingan-postingannya. 

Netizen sangat mengapresiasi foto-foto dan video tetang alam Sumba yang tak ada duanya yang dipostingnya. Mulai dari pantainya yang masih alami, hamparan savana, ribuan bukit dan tentu juga budayanya.

Berikut 7 destinasi wisata yang direkomendasikan Janet:

1. Bukit Mauluri

Bukit ini berada tidak jauh dari ibu Kota Sumba Timur, Waingapu. Bukit ini kini semakin tenar, tidak hanya dikenal masyarakat Sumba tapi juga traveler dari pulau-pulau lain. Orang Sumba juga menyebut tempat elok ini sebagai bukit Mauluri.

"Sekarang banyak pengunjungnya apa lagi saat sore hari, karena bukit Mauliru sering dijadikan objek wisata anak muda di kota Waingapu Sumba Timur", Katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Pantai Walakiri

Menurut gadis berdarah sabu ini, Walakiri bukanlah tempat baru bagi para wisatawan baik lokal maupun asing,  karena tempat ini telah populer dari dulu. 

"Biasanya para turis lokal dan asing berkunjung ke tempat ini untuk menikmati indahnya matahari terbenam. 

Karena di tempat ini banyak pohon-pohon mangrove yang instagenik. Selain itu keindahan pantainya juga memukau dengan pasir putihnya yang sebening kristal."

 

3 dari 7 halaman

3. Tanarara/Tana Merah di Matawai Lapau

Menurut Janet untuk menuju ke Tanara, akses jalannya agak sedikit susah, karena berlubang dan kedua belah sisi jalannya jurang yang dalam. Tapi, jangan ragu karena menurutnya , kita akan dimanjakan pemandangan yang sangat indah.

 

4 dari 7 halaman

4. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Air Terjun ini merupakan destinasi yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Sumba. 

Selain airnya yang sejuk, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati hamparan savana dengan bukit-bukitnya yang menghijau, sinematik.

Memang untuk menjangkau tempat ini jalannya masih kurang bagus, namun segala kepenatan selama dalam perjalanan terbayar begitu sampai di air terjun ini.

 

5 dari 7 halaman

5. Kolam Jodoh di Kecamatan Lewa

Kolom Jodoh yang berada di kecamatan Lewa ini tak kalah menariknya dengan kolam di tempat lain.  Warga setempat memberikan nama kolom Jodoh. Mungkin, siapa yang belum dapat jodoh terus ke sana pasti akan mendapatkan jodoh.

Kolamnya memang tidak terlalu bagus, tahun 2010 warna air kolamnya berwarna hijau, tapi entah kenapa sekarang warna airnya menjadi biru. Menurut Janet, Sampaisekarang ini, belum diketahui alasan diberikan nama kolom Jodoh oleh warga setempat. 

 

6 dari 7 halaman

6. Air Terjun Waimarang

Untuk kesini butuh waktu satu sampai satu jam setengah perjalanan berkendara dari Kota Waingapu. Untuk sampai ke lokasi air terjun yang berwarna hijau ini, kita harus berjalan kaki.

"Untuk sampai ke lokasi kita harus jalan kaki kira-kira dua 15 menit, kalau ke sini jangan lupa bawa  makanan dan minuman karena di sekitar air terjun tidak ada yang berjualan," kata Janet.

 

7 dari 7 halaman

7. Kincir Angin di Kamanggi

"Kincir angin tu ada yang di Tanarara dan ada yang di Kamanggih. Waktu,  itu saya kurang kerja bersama kawan kantor, dan modal di dompet pas-pasan saat itu. 

Tapi bekal kuat bertanya maka sampailah ke kincir angin hanya tau jalan ke Kamanggih, saat sudah sampai di sana, pemandangannya luar biasa, dan tidak sia-sia jalan jauh-jauh."

 (Nathan Gah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.