Sukses

Ampuh Banget, Ini 3 Cara Cepat Atasi Cegukan

Jengkel cegukan tak kunjung berhenti? Lakukan 3 hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kalian tentu sudah pernah mengalami yang namanya cegukan bukan? Cegukan biasanya terjadi secara tiba-tiba dan bisa membuat kita tidak nyaman. Hal tersebut lantaran cegukan cukup mengganggu aktivitas.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi diafragma yang membuat pita suara mengejang. Kontraksi ini biasanya bisa terjadi karena makan terlalu banyak, minum minuman bersoda, atau mengonsumsi alkohol berlebihan.

Nyatanya tak hanya itu, stres dan perubahan suhu yang mendadak juga bisa menyebabkan cegukan lo. Sering kali cegukan membuat kita jengkel lantaran sulit untuk berhenti.

Namun, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan, dijamin ampuh atasi cegukan seperti melansir dari Brightside berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menutup Telinga

Hal pertama yang bisa kalian coba untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup telinga. Kalian bisa menutup telinga selama 20-30 detik. Selain itu, kalian juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak. Hal ini bisa mengirimkan sinyal “relaks” kepada saraf vagus yang terkoneksi dengan diafragma.

Minum air

Minumlah air ketika cegukan, sebab saat kalian meneguk minuman, kontraksi ritmik esofagus menimpa diafragma yang kejang sehingga cegukan bisa berhenti. Namun, kalian harus melakukannya berkali-kali. Jika cara ini belum berhasil, kalian bisa meminum air sambil menahan napas. 

Menjulurkan Lidah

Ketika mengeluarkan lidah, hal itu akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kalian akan bernapas lebih lancar dan kemudian meredakan kejang yang menyebabkan cegukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.