Sukses

Catat, Ini 5 Kebiasaan Saat Tidur yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Ternyata tidur bisa bantu turunkan berat badan lo. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Tidur tentu menjadi kebutuhan setiap individu yang dilakukan setiap hari. Nyatanya tidur bukan hanya sebagai waktu kita untuk beristirahat di malam hari, tapi tidur yang berkualitas juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Ya, tentu kalian berpikir bahwa menurunkan berat badan hanya bisa dilakukan dengan olahraga fisik atau dengan hanya diet semata. Dikutip Boldsky, tidur yang cukup bisa membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh lo.

Ditambah lagi ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan sebelum tidur yang bisa membantu proses pembakaran kalori pada tubuh lebih maksimal, apa saja ya?

1. Matikan lampu sebelum tidur

Penelitian mencatat, ketika kalian berada di ruangan gelap gulita, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang bukan hanya membuat kalian mengantuk tapi juga membantu proses pembakaran kalori.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jadwalkan waktu tidur

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Hal ini bisa membantu proses pembakaran kalori sepanjang hari lebih maksimal.

3. Makan porsi kecil di malam hari

Jika kalian makan dalam porsi yang besar sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh bekerja sangat keras untuk mencernanya sepanjang malam. Jadi sebaiknya hindari makan terlalu banyak saat malam hari ya.

4. Matikan gadget

Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Manchester menemukan, panjang pendek gelombang cahaya biru yang dipancarkan dari gadget dapat mengganggu melatonin yang akan berpengaruh pada sistem metabolisme. Kalian dianjurkan menjauhi gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Tidur Telanjang

Tahukah kalian selain baik untuk kesehatan, tidur telanjang juga bisa bantu membakar kalori? Hal ini lantaran ketika tidur telanjang tubuh akan menjadi dingin, suhu dingin inilah yang bisa membantu pengikatan produksi lemak baik yang bekerja membakar kalori.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.