Sukses

Meski Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Bantu Perangi Obesitas pada Anak

Banyak orangtua yang menganggap adalah hal wajar jika anak-anak memiliki tubuh yang gemuk, padahal keadaan itu berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada banyak wilayah yang penduduknya alami kelaparan di seluruh dunia, beberapa wilayah paling makmur dunia malah dilanda masalah yang bertolak belakang, yakni obesitas. Masalah ini bahkan menghinggapi anak-anak.

Banyak orangtua yang menganggap wajar jika anak-anak memiliki tubuh yang gemuk. Padahal bisa jadi sang anak mengalami obesitas yang mengancam kesehatannya secara jangka panjang.

Bermain gadget secara berlebih, kurangnya aktivitas fisik, lalu sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkadar gula tinggi jadi penyebab utamanya. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadi obesitas pada anak-anak.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas?

1. Batasi televisi dan gadget

Anak-anak yang menonton televisi dan bermain gagdet cenderung malas bergerak. Mereka lebih menikmati tontonan dan malas untuk bermain di luar rumah, seperti main bola, berlarian atau main sepeda. Padahal aktivitas fisik sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan fisik dan motorik anak.

2. Hindari menyediakan camilan kaya gula dan garam

Cokelat, cracker gurih serta makanan kemasan kaya gula dan garam, sebaiknya jangan distok. Lebih baik sediakan makanan sehat seperti buah, yogurt atau jeli buatan sendiri.

3. Kenalkan dengan banyak makanan baru

Anak-anak kadang malas mencoba makanan dengan rasa yang baru. Namun, jangan menyerah begitu saja. Kenalkan si kecil pada beragam makanan terutama yang sehat. Membiarkannya hanya menyukai satu makanan saja cenderung membuatnya menjadi pemilih dan makan berlebihan.

4. Batasi camilan

Jangan memberikan camilan tanpa batas. Batasi terutama menjelang waktu makan. Camilan yang berlebihan akan membuatnya kenyang dan malas untuk makan. Pola makan anak akan terdampak secara buruk oleh kebiasaan menyantap camilan berlebih.

Sumber: Fatherly

Reporter:

Mutia

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.