Sukses

Tak Perlu Beli Lagi, Ini 5 Langkah Mudah Menumbuhkan Tomat di Rumah

Dengan cara berikut, Anda tak perlu lagi membeli tomat karena bisa menumbuhkannya sendiri di rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang percaya bahwa hanya ada dua cara untuk menanam tomat. Anda dapat membeli benih dan menumbuhkannya menjadi bibit atau membeli tanaman yang sudah tumbuh di dalam tanah dan memeliharanya.

Padahal, dengan cara berikut ini Anda dapat menumbuhkan tomat sendiri di rumah dengan mudah. Melansir dari Besthealthyguide.com, berikut langkahnya:

1. Siapkan wadah penanaman

Pertama, campurukan 50% tanah kebun, 30% kompos organik, 20% pasir untuk membuat campuran pot Anda sendiri. Ambil wadah besar dengan lubang kecil untuk drainase.

Tutup lubang drainase tersebut dengan batu kerikil atau batu kecil terlebih dahulu. Baru tuang campuran tanah tadi sampai setengahnya untuk menumbuhkan tomat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Iris tomat

Ambil tomat yang telah dipersiapkan, pilih yang telah matang sepenuhnya. Potong-potong tomat tersebut menjadi seperempatnya.

3. Tanam irisan tomat

Taruh irisan tomat di wadah tanam tadi. Tutupi irisan tomat dengan sisa campuran tanah dan sirami. Jangan terlalu banyak air, jaga agar kondisi tanahnya tetap lembab. Simpah wadah tersebut dalam naungan parsial.

 

3 dari 3 halaman

4. Pindahkan bibit tomat

Setelah sekitar 2 minggu, ketika biji telah berkecambah, pindahkan mereka ke area yang terkena sinar matahari penuh selama 10 jam tiap hari untuk menjaga bibit tetap kuat. Dua minggu setelahnya, bibit dapat dipindahkan ke dalam pot. Tanam di pot dengan tanah yang dipadatkan di sekitar pangkalnya, sirami dengan baik.

5. Biarkan tomat tumbuh

Taruh pot di area yang terkena sinar matahari yang cukup dan terus-terusan, ini untuk memastikan pertumbuhannya cepat. Sangat penting untuk menjaga tanah tetap lembab sekaligus memupuknya.

Pupuk tanaman ketika dipindahkan serta kedua kalinya ketika mulai menghasilkan buah-buahan. Secara umum, Anda dapat mengharapkan tanaman tomat Anda matang dalam dua atau tiga bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.