Kontroversial, Video Musik Childish Gambino Jadi Topik Perbincangan di Amerika Serikat

Oleh Alexander Lumbantobing pada 15 Mei 2018, 09:30 WIB
Diperbarui 17 Mei 2018, 09:13 WIB
[Bintang] Childish Gambino

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat sedang memasuki masa yang tidak menyenangkan bagi sebagian warganya, misalnya seperti yang ditampilkan dalam video musik terbaru Childish Gambino yang jug dikenal dengan nama Donald Glover.

Beberapa hari lalu, aktor juga musisi Donald Glover yang dikenal dengan nama musisinya, Childish Gambino, merilis video musik terbaru untuk lagunya yang berjudul "This Is Amerika." Karya kontroversial yang memunculkan diskusi di mana-mana. Terlebih setelah pernyataan Kanye West bahwa ia mendukung Donald Trump. Keberpihakan yang tidak awam bagi warga kulit hitam di Amerika.

Mengapa video musik "This Is America" yang ber-genre hip hop itu dinilai kontroversial? Bagi yang sudah menonton pasti tahu. Setidaknya, ada dua (2) poin yang menjadi fokus. Pertama, kekerasan pada warga kulit hitam. Kedua, kekerasan dengan senjata api yang semakin marak terjadi di Amerika. Tidak tanggung-tanggung, video ini berani menggambarkan beberapa adegan penembakan yang mengejutkan.

Hal lain yang patut dicermati, lagunya sendiri membawa 2 mood yang sangat berbeda. Sebentar cukup ceria, sebentar tegang. Childish Gambino sebagai sang penyanyi juga menggambarkan ini di video musiknya. Kadang ia terlihat bahagia, kadang bingung, kadang menakutkan. Begitu kontras dengan kehadiran beberapa remaja, memakai seragam sekolah dan mood bahagia, yang menjadi penari latar untuk Childish Gambino.

Selain dirilis berdekatan dengan pernyataan Kanye West, Childish Gambino juga merilis video musik ini tak lama setelah peluncuran trailer film terbarunya Solo: A Star Wars Story (dimana ia ikut berperan, menggunakan nama Donald Glover) yang siap tayang dalam waktu dekat.

Video musik yang dimaksud sudah beredar di laman berbagi video, namun demikian kamu harus bijak dalam menyimak tayangan yang mungkin mengusik rasa nyaman beberapa pihak terkait adegan penembakan di dalamnya.

Reporter:

Stanley Dirgapradja

Sumber: Fimela.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: