Sukses

Hilangkan Bau Badan hingga Karat, 5 Manfaat Lain Saus Tomat Selain Dimakan

Ternyata bukan hanya sebagai pelengkap sajian, saus tomat juga punya fungsi lain selain dalam makanan saja.

Liputan6.com, Jakarta Saus tomat ternyata bukan hanya jadi pelengkap rasa pada hidangan. Di balik rasanya yang asam dan manis ternyata saus tomat juga bisa menjadi life-hacks.

Hal ini diketahui saat mampu untuk digunakan pada sejumlah perabotan rumah tangga hingga menjadi bahan yang tepat untuk digunakan saat mengalami sakit dan gigitan serangga.

Penasaran apa saja kegunaan lainnya dari saus tomat? Berikut rangkumannya dilansir dari Shared.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengilapkan panci dan wajan

Dari tembaga mudah sekali kusam ketika sering digunakan. Padahal panci dan wajan tembaga memiliki warna yang sangat bagus. Untuk mempertahankan warna mengkilap ataupun berkilau dari panci dan wajah tembaga kesukaanmu kamu bisa menggunakan saus tomat.

Tuangkan saus tomat kepada kain atau lap pembersih, tambahkan sedikit garam kasar dan gosok panci. Biarkan selama beberapa menit dan cuci hingga bersih. Dapatkan hasil yang menakjubkan dari panci dan wajan tembaga seperti pertama kali membelinya.

3 dari 6 halaman

2. Membersihkan karat

Punya beberapa furnitur berkarat dalam rumah? Jangan dulu dibuang, kamu bisa mengubah furnitur tersebut kembali bagus dengan sedikit keajaiban dari saus tomat. Asam asetat dalam saus tomat dapat membantu memecah oksida besi yang menyebabkan karat.

Cukup oleskan saus tomat pada barang yang berkarat dan kemudian cuci hingga bersih. Hasil yang bisa didaptkan perabotan berkaratmu akan terlihat seperti baru.

4 dari 6 halaman

3. Menghapuskan bau

Punya baju yang memiliki bau apek tak sedap walaupun sudah berkali-kali dicuci? Saus tomat mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Saus tomat terkenal punya fungsi untuk menetralkan bau pada pakaian seerta kotoran. '

Untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut, kandungan cuka dan garam dalam saus tomat akan membantu menghilangkan bau busuk. Caranya cukup direndam dengan saus tomat sebelum dimasukan ke mesin cuci.

5 dari 6 halaman

4. Membersihkan perhiasan

Hal yang bikin kita kesal saat menggunakan perhiasan perak yakni, warna berkilau mereka yang cepat hilang dan kusam. Untuk mengatasi masalah itu, saus tomat bisa menjadi solusi yang sederhana.

Oleskan perhiasan dengan saus tomat. Kemudian gosok saus pada perhiasaanmu, bisa juga dengan menggunakan sikat gigi tidak lebih dari 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

6 dari 6 halaman

5. Koreksi warna rambut

Pernah mewarnai rambut dan hasilnya gagal? Kamu bisa memperbaiki hal itu dengan menggunakan saus tomat. Asam pada saus akan menetrlisi reaksi kimia yang terjadi pada rambut. Caranya cukup dengan mengoleskan saus tomat pada bagian rambut yang bermasalah dan biarkan selama setengah jam dan lalu dibilas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.