Sukses

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Buatmu Disukai Banyak Orang

Kamu dapat menjadi orang yang disukai dengan melatih kecerdasan emosional atau EQ-mu. Simak caranya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang percaya bahwa menjadi seseorang yang disukai banyak orang merupakan sifat alami yang hanya dimiliki segelintir orang beruntung, seperti mereka yang berpenampilan menarik, aktif bergaul, dan yang sangat berbakat.

Namun itu keliru. Kenyataannya, kamu dapat menjadi orang yang disukai dengan melatih kecerdasan emosional atau EQ-mu.

Dalam sebuah penelitian di University of California, subyek menilai lebih dari 500 kata sifat berdasarkan yang mereka sukai. Hasil tertingginya bukanlah kata sifat suka bergaul, cerdas, atau atraktif, melainkan kata sifat seperti tulus, transparan, dan kemampuan memahami orang lain.

Kata-kata sifat itu menggambarkan orang-orang yang cerdas secara emosional. Dikutip dari TalentSmart pada Jumat (11/5), orang-orang yang memiliki sifat-sifat tersebut bukan hanya sangat disukai, mereka juga mengungguli orang-orang yang tidak memiliki sifat tersebut.

Apa saja sifat-sifat tersebut? Simak beberapa sifat tersebut di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Senyum

Manusia secara alami dan tanpa sadar meniru bahasa tubuh orang yang sedang diajak bicara. Kalau kamu ingin orang lain menyukai kamu, berikan senyum selama percakapan, dijamin mereka secara tidak sadar akan tersenyum juga dan merasa senang didekatmu.

 

3 dari 7 halaman

2. Mengajukan Pertanyaan

Kesalahan yang banyak dilakukan orang saat mendengarkan adalah mereka lebih fokus menyiapkan apa yang akan mereka katakan selanjutnya, sehingga mereka tidak benar-benar mendengarkan apa yang sedang dibicarakan lawan bicara.

Cara sederhana untuk menghindarinya adalah dengan bertanya. Orang-orang akan senang jika tau kamu serius mendengarkan, dan dengan bertanya, mereka tidak hanya tahu kamu serius mendengarkan, tapi juga peduli akan omongan mereka. Dengan bertanya, kamu akan mendapatkan respek dan apresiasi yang tidak kamu sangka.

 

4 dari 7 halaman

2. Mengesampingkan Teleponnya

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari melihat lawan bicara membalas pesan singkat atau sekadar mengecek ponsel saat sedang mengobrol. Saat kamu sedang berkomunikasi, fokuskan semua energi pada percakapan.

 

5 dari 7 halaman

3. Tulus

Tulus dan jujur adalah hal penting untuk dapat menjadi disukai. Tidak ada yang suka orang yang penuh kepalsuan. Orang-orang tertarik pada orang-orang yang tulus karena mereka tahu dapat mempercayainya.

 

6 dari 7 halaman

4. Berpikiran Terbuka

Jika kamu ingin disukai, kamu harus berpikiran terbuka. Berpikiran terbuka akan membuatmu mudah dikati. TIdak ada yang mau berbicara dengan orang yang sudah membentuk opini dan tidak mau mendengarkan.

Berpikiran terbuka juga sangat penting di tempat kerja karena akan memberimu akses untuk ide-ide baru. Untuk dapat berpikiran terbuka, kamu perlu belajar melihat dunia dari mata orang lain.

 

7 dari 7 halaman

5. Menyapa Menggunakan Nama

Nama adalah bagian penting dari identitas seseorang, dan semua orang suka saat namanya disebut. Orang-orang yang disukai akan menyapa seseorang dengan namanya. Bukan hanya saat berpapasa, penelitian menunjukkan orang akan merasa senang saat namanya disebut dalam percakapan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.