Sukses

Kamu Gampang Menangis? Ini 4 Maknanya dari Sisi Psikologis

Apabila kamu tipe orang yang mudah menangis, berikut maknanya dilihat dari sisi psikologis

Liputan6.com, Jakarta Menangis merupakan salah satu respon tubuh terhadap keadaan emosional. Tetesan air mata tersebut bisa terjadi karena bahagia, sedih, atau bahkan marah yang tak terlampiaskan.

Menangis seringkali dilihat sebagai tanda kelemahan tapi ada juga yang menganggap, hanya mereka yang pemberani yang menunjukkan air mata mereka. Tak diketahui banyak orang, menangis memiliki banyak efek positif terhadap kesehatan.

Nah, apabila kamu tipe orang yang mudah menangis, berikut maknanya dilihat dari sisi psikolog seperti dilansir dari Worldhealthguide.org.

1. Menangis membuatmu jadi orang yang lebih baik dan teman yang lebih baik.

Ketika kamu merasa sedih, kamu bisa meminjam bahu seseorang untuk tempat menangis. Saat kamu menangis, kamu akan melepaskan semua rasa sakit dan membuka dirimu pada orang yang kamu pinjam bahunya. Meminjamkan bahu pada seseorang berarti ia seseorang yang dapat memahamimu. Hal yang sama terjadi sebaliknya saat kamulah yang meminjamkan bahu,

2. Menangis adalah tanda kalau kamu tidak takut mengungkapkan perasaanmu.

Kehilangan sesuatu yang dicintai, stres, kemarahan, kebencian, kesedihan, masalah kesehatan, atau bahkan lagu dan film yang sedih adalah faktor-faktor yang menjadi alasan kamu rentan menangis. Dengan menangis, itu membuatmu diterima dengan orang-orang di sekitarmu. Itu juga membuatmu siap untuk menghadapi semua ketakutan dari perasaan-perasaan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pertanda dapat mengendalikan dan menangani stres.

Membiarkan air mata jatuh di setiap situasi yang tak bagus justru merupakan pertanda kamu mampu mengendalikan diri. Stres butuh pemurnian. Stres harus dilepaskan ketimbang ditahan dan menimbulkan dampak psikologis. Dan menangis, adalah cara menanganinya.

4. Menangis berarti kamu orang yang kuat dan tak memedulikan apa yang dikatakan atau dipikirkan orang terhadapmu.

Ada kalanya kita berada di titik yang begitu lemah dan putus asa di mana kita cenderung bersembunyi. Kita bersembunyi untuk menyembunyikan rasa sakit dan sedih. Kita mencoba berpura-pura selalu terlihat kuat yang justru menyakiti diri sendiri.

Orang-orang yang membiarkan air mata mereka jatuh dengan mudah justru merupakan orang yang kuat. Menangis justru menandakan mereka memiliki kendali atas emosi mereka. Sangat tidak sehat untuk menahan air mata dan tidak menangis sama sekali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.