Sukses

Penyiar Wanita Pakai Kacamata, Warga Korea Selatan Heboh, Mengapa?

Ia menjadi penyiar wanita pertama yang memakai kacamata saat sedang siaran di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Penyiar televisi asal Korea Selatan, Lim Hyeon-ju, membuat heboh negara tersebut saat tampil berkacamata di depan kamera. Mengapa?

Selama ini, semua penyiar wanita di negara K-pop tersebut selalu mengenakan lensa kontak dan bulu mata palsu saat tengah siaran. Menurut kantor berita Yonhap News, tradisi siaran berita di Korea Selatan mengisyaratkan hanya penyiar prialah yang biasa memakai kacamata.

Hyeon-ju sendiri selama ini tak pernah mengenakan kacamata dan berusaha mematuhi aturan tak tertulis tersebut. Lalu, mengapa ia memilih berontak kali ini?

"Saya terpaksa melakukannya. Mata saya terasa kering dan lelah karena memakai lensa kontak dan bulu mata palsu setiap hari," ungkap Hyeon-ju, seperti mengutip dari Bussinessinsider.com.au.

Wanita itu mengaku, selama ini ia harus meneteskan semacam cairan ke matanya untuk menjaga kelembapan mata selama berada di depan kamera. Namun, matanya tetap saja terasa kering dan ini membuatnya sulit berkonsentrasi.

"Sering kali saya harus bangun pagi-pagi dan sedikit tidur. Belum lagi mempersiapkan materi berita. Keinginan memakai kacamata ini sebenarnya sudah lama."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada awal keputusannya, ia mengaku membutuhkan keberanian untuk mendobrak stigma yang ada. Namun, karena mendapat ribuan pesan berisi dukungan, ia merasa gembira.

"Pemirsa seharusnya lebih fokus pada isi berita, bukan penampilan pembaca beritanya," tulis Hyeon-ju di Instagram.

Keputusan Hyeon-ju mengenakan kacamata membuatnya menjadi penyiar wanita pertama yang memakai kacamata saat sedang siaran di negara tersebut. Standar kecantikan di negeri tersebut memang dikenal tinggi, tak heran wanita dituntut harus selalu tampil sempurna setiap saat.

Malahan, sebuah jajak pendapat di negara tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen dari 552 pekerja mengaku tak pernah melihat rekan kerja wanita memakai kacamata.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.