Sukses

Catat, Ini 5 Faktor Utama Munculnya Kantong Mata

Ini menjadi penyebab utama munculnya kantong mata pada wajah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, kantong mata merupakan sebuah tanda penuaan. Selain karena kurang tidur, kantong mata punya pengaruh besar kepada penampilan wajah. Tak jarang hal ini mendorong kita terlihat seperti mudah lelah, kusam dan tidak segar.

Persoalan munculnya kantong mata ternyata bukan hal mudah untuk dihilangkan. Biasanya cara alami yang sering dianjurkan menggunakan potongan mentimun dan sayuran anti-oksidan, kompres es batu, serta kantong teh.

Mungkin sejumlah cara itu mampu mengurangi masalah pada area kantong mata. Namun sebelum benar-benar memastikan hal itu, ada baiknya untuk memastikan faktor apa yang menjadi pemicu munculnya kantong mata. Hal ini perlu diketahui, supaya kita paham apa langkah yang tepat untuk mengatasi kantong mata.

Oleh karena itu, berikut merupakan daftar lima penyebab yang menjadi faktor utama munculnya kantong mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Penggunaan Skin Care yang Kurang Tepat

Eye cream merupakan produk skin care yang berfungsi untuk merawat kulit tipis di sekitar mata. Beberapa jenis kandungan efektif yang sering ditemukan pada eye cream adalah retinol, salicylic acid, dan glycolic acid. Tiga kandungan tersebut memang ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit di area mata, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi, khususnya apabila diaplikasikan pada area yang salah.

Pengaplikasian eye cream yang terlalu dekat dengan mata dapat menyebabkan iritasi berupa pembengkakan kantong mata. Selain itu, kebiasaan mengaplikasikan produk dengan cara digosok atau penggunaan cleansing brush yang terlalu dekat dengan mata juga dapat menjadi penyebab terjadinya kantong mata.

3 dari 6 halaman

2. Alergi

Ada reaksi alergi tertentu yang menyebabkan pembengkakan pada area sekitar mata. Saat mengalami alergi, tubuh akan merilis senyawa kimia yang menyebabkan area mata menjadi bengkak dan puffy. Zat penyebab alergi ini juga dapat menyebabkan inflamasi pada area bawah mata dan menyebabkan area ini menjadi lebih gelap.

4 dari 6 halaman

3. Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab kantong mata yang paling umum dijumpai. Tubuh jadi tidak berhasil mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh dan membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata. Selain itu, konsumsi garam yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya kantong mata.

Saat garam dikonsumsi secara berlebih, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Tubuh mencegah hal tersebut dengan cara mengikat cairan berlebih. Sama dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, cairan akan berkumpul pada area bawah mata dan menyebabkan pembengkakan.

5 dari 6 halaman

4. Iritasi Akibat Produk Kecantikan

Residu sampo, kondisioner, dan pembersih wajah juga dapat menjadi salah satu penyebab kantong mata. Produk tersebut dapat tertinggal pada lipatan mata akibat tidak terbilas dengan baik, menyebabkan iritasi yang membuat kamu menggosok mata, dan berujung dengan kantong mata.

Selain itu, eye-makeup remover dengan kandungan pewangi juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Pastikan kamu selalu membilas wajah dengan baik dan gunakan produk yang bersifat hypoallergenic.

6 dari 6 halaman

5. Pertambahan Usia

Munculnya kantong mata dan dark circle merupakan salah satu ciri dari pertambahan usia. Seiring dengan pertambahan usia, kulit mulai kehilangan kolagen dan jaringan lemak. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan cairan yang terkumpul di area bawah mata semakin jelas.

Reporter

Nisita Widinati

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.