Sukses

Mengenal Tiyas Puspita, Penulis Novel Berbakat dari UNJ

Tiyas Puspita, sosok pengarang novel Senandung di Kota Bandung, ternyata salah satu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Tiyas Puspita Sari merupakan sosok penulis di balik novel berjudul Senandung di Kota Bandung yang baru-baru ini telah terbit dan dijual di berbagai toko buku di Indonesia. Wanita kelahiran 24 Oktober ini adalah seorang mahasiswi semester empat jurusan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Jakarta.

Selain bidang menulis, Tiyas juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Sejak SMA, ia aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di sekolah. Hal ini yang membawanya bergabung dalam kegiatan organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Negeri Jakarta. Ia banyak memberikan konstribusi dalam mengurus berbagai program kerja di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merupakan Mahasiswa yang Multitalenta

Selain itu, Tiyas juga tergabung dalam sebuah komunitas sastra dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNJ, yaitu komunitas Bengkel Sastra. Komunitas yang sering disingkat dengan Bengsas ini membuat Tiyas banyak mempelajari hal-hal baru, seperti pementasan teater, penulisan dan juga musikalilasi puisi.

Komunitas Bengkel Sastra ini, yang membuat Tiyas berani mengembangkan sayapnya di dunia sastra. Ia sering ditunjuk untuk mewakili komunitasnya dalam ajang lomba atau pementasan teater. Ia pernah ikut serta dalam ajang lomba festival seni UNJ dan lomba satu dekade Universitas Indonesia dalam kategori lomba monolog. Pengalaman pertamanya bermonolog, berhasil membuat Tyas memboyong juara tiga di ajang festival seni tersebut.

3 dari 4 halaman

Menerbitkan Novel Merupakan Pencapaian Tertinggi Tiyas

Prestasi paling membanggakan bagi Tiyas adalah diterbitkannya Novel Senandung di Kota Bandung. Novel yang bercerita tentang siswi bernama Gisha yang gagal menamatkan SMA-nya, dan memilih untuk pindah sekolah ke Bandung, lalu bertemu dengan sosok Angkasa ini banyak diminati pembaca karena jalan cerita yang mudah dipahami dan memberikan motivasi bagi pembaca.

Awalnya cerita tersebut dimuat dalam akun aplikasi wattpad dan telah dibaca sebanyak satu juta kali. Sadar karyanya mendapat respon positif, akhirnya Tiyas memutuskan untuk menerbitkan dalam bentuk buku novel.

4 dari 4 halaman

Akan Merilis Karya Novel Lain

Setelah sukses dengan novel karya pertamanya, Tiyas berencana menerbitkan beberapa novel karangannya seperti Cerita di Pulau Dewata dan Ballerina’s Ballad. Ia mengungkapkan, bahwa menjadi seorang penulis membutuhkan kesabaran serta pemikiran yang luas untuk menciptakan jalan cerita yang baru dan berbeda.

 

Penulis:

Ramdhani Kusuma Putra

Universitas Negeri Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini