Sukses

Kaki Mendadak Gatal Saat Berlari? Ini Alasan Ilmiahnya

Pernahkah kakimu mendadak merasa gatal saat olahraga lari? Ini sebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Lari merupakan olahraga yang sangat praktis dilakukan dengan sejuta manfaat. Dapat mengurangi berat badan, mencegah osteoporosis, mengurangi risiko jantung koroner, bahkan bisa memperbaiki mood yang jelek.

Nah, kamu pernah nggak sih ketika lari merasa tungkai kaki gatal mendadak? Rasa ingin menggaruk nggak tertahankan. Namun saat digaruk pun nggak mendatangkan rasa puas. Padahal baju juga sudah bersih, hanya terkena keringat tapi kenapa sensasi gatalnya seakan berasal dari dalam?

Melansir dari Brilio, Kamis (4/5/2018), saat lari atau olahraga lain, detak jantungmu meningkat, aliran darah semakin cepat, dan jutaan kapiler dan arteri kecil di ototmu mengembang atau melebar cepat. Pelebaran ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah.

Namun sayangnya, kalau ternyata kamu jarang berolahraga, tubuhmu nggak terbiasa sehingga sulit memompa darah ke kaki dan tangan. Hal ini disebabkan kapiler cenderung mengempis, membuat darah yang terpompa sedikit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Rutin Olahraga

Saat kapiler meluas itulah, saraf sekitarnya terstimulasi dan mengirim pesan ke otak untuk melepas senyawa kimia bernama histamine yang bersifat vasodilator (memperlebar pembuluh darah) sehingga menimbulkan sensasi gatal. Peningkatan produksi histamine ini umumnya terjadi saat lari maupun olahraga lain.

Gatal-gatal ini menjadi pertanda jarangnya olahraga, jadi, untuk menghindari rasa gatal-gatal ini kamu harus rutin olahraga lari atau olahraga lainnya ya.

 

Reporter: Agustin Wahyuningsih

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.