Disiplin hingga Berwawasan Luas, 5 Ciri Mahasiswa Ideal

Oleh Liputan6.com pada 05 Mei 2018, 08:00 WIB
Disiplin hingga Berwawasan Luas, 5 Ciri Mahasiswa Ideal

Liputan6.com, Jakarta Tentu kita sering mendengar istilah mahasiswa ideal, tapi kebanyakan dari kita belum mengetahui sebenarnya apa yang menjadi ciri-ciri mahasiswa ideal. Mahasiswa ideal adalah seorang mahasiwa yang mampu atau bisa memahami, mengerti, serta mampu menjalani perannya sebagai seorang mahasiswa. Lalu bagaimana ciri-ciri mahasiswa ideal?

1. Pintar Membagi Waktu

Mahasiswa harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik, pembagian waktu harus termanajemen dengan cermat dan terimplementasi secara nyata. Mahasiswa harus bisa membagi antar kegiatan kuliah, organisasi, belajar, hobi, refreshing, dan lain sebagainya.

Berbagi Air Lewat Aplikasi Secara Gratis
2 of 3

2. Rajin dan Disiplin

2. Rajin dan Disiplin
Mahasiswa ideal pasti disiplin dalam segala hal termasuk membagi waktu kuliah (Sumber foto: eimaefoititis)

Selalu aktif kuliah, tidak pernah telat mengikuti mata kuliah, dan jarang membolos, mahasiswa juga dituntut selalu mengumpulkan tugas tepat waktu. Kedisplinan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan perkuliahan dan selalu mengerjakannya dengan baik. Rajin dan disiplin akan memberikan hasil yang memuaskan.

3. Berwawasan Luas

Wawasan yang luas dapat diperoleh dari kampus, masyarakat dan dunia luar. Wawasan ini berguna agar mahsiswa bisa mengetahui seluk beluk tentang dunia luar dan tidak ketinggalan zaman, wawasan akan membantu mengembangkan minat serta bakat yang teraktualisasi dalam bentuk keahlian mahasiswa.

3 of 3

4. Organisatoris

Dengan mengikuti organisasi yang ada dikampus atau diluar kampus, mahasiswa bisa mendapatkan kegiatan yang sangat positif. Salah satunya bisa bersosialisasi dengan banyak orang sehingga bisa mendapatkan lebih banyak relasi.

5. Didasari dengan Ibadah

Sebagai makhluk tuhan, mahasiswa diwajibkan beribadah sesuai dengan keyakinan. Terlaksananya kewajiban ini akan dapat menjadi tolak ukur seberapa bertanggung jawabnya mahasiswa tersebut terhadap diri dan Tuhannya.

Sebenarnya predikat sebagai mahasiswa ideal bukan hanya sekedar nama atau julukan semata, tapi lebih cenderung bagaimana cara kita belajar untuk menjadi seorang mahasiswa yang baik dari segi akademik maupun non akademik.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓