Super Simpel, Ini Cara Ampuh Usir Kantuk Saat Bekerja

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:22 WIB
20160511-Tidur-Siang-China-Reuters

Liputan6.com, Jakarta - Rasa ngantuk memang sering dialami ketika berada di kantor, apalagi usai makan siang. Nah, hal tersebut tentu akan menjadi masalah dan mengganggu aktifitas bekerjamu.  

Ternyata ada banyak solusi untuk mengatasinya. Dikutip dari her.ie, menurut sebuah penelitian dari Journal of Occupational Health Psychology, ada sebuah cara simpel yang bisa dilakukan untuk membuat tak mudah ngantuk dan capek di tempat kerja serta bisa membuatmu lebih semangat saat pulang ke rumah.

Cara apakah itu? Caranya adalah dengan jalan kaki santai 15 menit saat jam makan siang.

Para peneliti melakukan survei terhadap 100 orang yang bekerja di berbagai bidang tentang kebiasaan di waktu makan siangnya. Orang-orang tersebut melakukan perubahan pada kebiasaan jam makan siangnya selama 10 hari berturut-turut untuk mencari tahu hasilnya.

Separuh dari mereka diminta untuk jalan kaki santai di taman terdekat dan fokus menikmati pemandangan sekitar. Sementara separuh sisanya diminta untuk melakukan berbagai latihan relaksasi, seperti latihan pernapasan dan teknik meditasi. Masing-masing grup melakukan kegiatan mereka selama 15 menit setelah makan siang.

Kedua grup tersebut sama-sama mendapat peningkatan dalam produktivitas mereka, dan mereka mengatakan jadi lebih mudah berkonsentrasi setelah istirahat tersebut. Tapi orang-orang lebih suka menghabiskan waktu istirahat dengan jalan kaki di taman karena bisa langsung meningkatkan konsentrasi dan melenyapkan rasa letih.

 

2 of 2

Menurut Psikolog

Kurang Tidur
Kurang tidur dapat mempengaruhi produktivitas kerja Anda di kantor.

Menurut Marjaana Sianoja, peneliti psikologi dari University of Tampere, dikutip dari TIME, aktivitas-aktivitas tersebut bisa menjaga produktivitas bekerja sepanjang hari. Dengan kata lain, produktivitas dan efisiensi kerja bisa lebih baik di sisa hari tersebut.

Untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, coba luangkan waktu untuk berjalan kaki selama 15 menit. Lebih baik dilakukan setelah makan siang, agar kamu bisa mengistirahatkan pikiran sambil kembali ke meja kerjamu. Cara tersebut dijamin bisa membuatmu lebih segar dan semangat menyelesaikan pekerjaan.

 

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓