Kamar Kos hingga ATM, 6 Tempat Penuh Kenangan Mahasiswa Rantau

Oleh Liputan6.com pada 01 Mei 2018, 10:00 WIB
Kamar Kos Hingga ATM, 6 Tempat Penuh Kenangan Mahasiswa Rantau

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang bahwa SMA adalah masa-masa paling indah, Penuh kenangan, dan cerita masa muda. Apalagi soal cerita kasmaran yang sedang manis-manisnya.

Padahal masa kuliah tidak kalah indah dari masa SMA. Selain perjuangan menyelesaikan setiap mata kuliah, kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan juga akan kamu rindukan setelah lulus kuliah, terlebih bagi anak rantau.

Serunya merantau dan belajar hidup mandiri, membuat beberapa tempat ini berkesan dan akan selalu kamu rindukan. Apa saja tempat-tempat tersebut?

Penampakan Kawah Raksasa yang Dijuluki Pintu Neraka
2 of 4

1. Kamar Kos

1. Kamar Kos
Menjadi rumah kedua, kamar kos akan sangat berkesan selama kamu kuliah (Sumber foto: annisae)

Selama merantau, kamar kos menjadi rumah keduamu. banyak kenangan yang terjadi di tempat ini. Tempat kamu menghabiskan malam demi malam belajar, menangisi jarak dengan orang tua yang jauh di kampung halaman, atau dengan kekasih yang menuntut ilmu di kota seberang. Untuk kamu yang betah bertahan di satu tempat kos saja, kenangannya pasti jauh lebih banyak.

2. Warung Makan Langganan

Sebagai anak rantau, pasti kamu punya warung makan langganan yang menjadi tujuan saat krisis keuangan diakhir bulan. Biasanya, di warung langganan ini kamu bisa makan puas dengan biaya rendah, bahkan bisa membayarnya kapan-kapan.

3 of 4

3. Mesin ATM

3. Mesin ATM
ATM menjadi tempat rutin yang akan kamu kunjungi setiap bulan (Sumber foto: jurnalasia.com)

Tempat yang satu ini pasti rutin kamu kunjungi setiap bulan. Sensasi mondar-mandir ke ATM hanya untuk mengecek uang kiriman. Jika ternyata uang kiriman belum masuk, seketika kamu dilanda dilema dan langsung menelepon orang tua. Meskipun dengan perasaan tidak enak, tapi hal tersebut harus kamu lakukan untuk bisa makan.

4. Lokasi KKN

Lokasi KKN menjadi tempat penuh kenangan selanjutnya. Tempat ini tidak akan kamu terlupakan, karena biasanya di tempat ini banyak mahasiswa yang terlibat cinta lokasi. Pengalaman berminggu-minggu tinggal di tengah masyarakat desa, belajar menerapkan ilmu yang didapat ke kehidupan sehari-hari, dan intens bertemu dengan teman yang sama serta lebih mengenal sifat satu sama lain, membuat lokasi ini sulit untuk dilupakan.

4 of 4

5. Ruangan Sidang Akhir

5. Ruangan Sidang Akhir
Ruang sidang akhir dan wisuda akan sulit dilupakan karena merupakan saksi sejarah keberhasilan kuliahmu (Sumber foto; UMPelektro)

Ruangan yang paling membuatmu keringat dingin selama kuliah adalah ruangan sidang akhir. Di tempat inilah nasib kuliahmu dipertaruhkan, perjuangan selama empat tahun akan kamu ketahui hasilnya di sini. Pengalaman presentasi di depan dosen penguji dengan waktu yang singkat, namun harus meyakinkan mereka bahwa penelitianmu sukses, menjadikan tempat ini sulit untuk kamu lupakan.

6. Di Depan Rektor

Akhir manis dari perjuanganmu selama empat tahun kuliah adalah berdiri di depan Rektor, dengan toga di kepala dan gelar di belakang nama. Disaksikan orang tua yang duduk di belakang, dengan perasaan bahagia dan bangga, semua akan kamu rasakan saat berdiri ditempat ini.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓