Mencicipi Kelezatan 4 Kuliner Khas Musim Gugur di Jepang

Oleh Liputan6.com pada 29 Apr 2018, 10:00 WIB
Mencicipi Kelezatan 4 Kuliner Khas saat Musim Gugur di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Selain musim semi, musim gugur adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Jepang. Dedaunan yang semula berwarna hijau, lambat laun berubah menjadi jingga kemerahan. Jika pada musim semi bunga Sakura menjadi primadona, maka saat musim gugur, hutan Momiji menjadi tempat favorit bagi wisatawan.

Musim gugur di Jepang berlangsung pada bulan Oktober dan November. Selain keindahan alam, makanan khas Jepang pada musim gugur juga sangat dicari oleh para pelancong. Seperti beberapa masakan khas mus berikut ini yang bisa membangkitkan selera makan.

2 of 5

1. Matsutake

1. Matsutake
Matsutake sering dimasak dengan berbagai bahan pendukung lain seperti tiram (Sumber foto: fatoftheland)

Matsutake adalah sejenis jamur yang populer di Jepang, jamur ini menjadi ikon musim gugur di jepang dan biasa dijadikan berbagai macam bahan masakan lezat, salah satunya Matsutake Soup. Cita rasa dan aroma yang khas serta tidak terlalu banyak bumbu, membuat masakan ini digemari warga Jepang.

3 of 5

2. Kastanye

2. Kastanye
Kastanye biasanya dimasak menjadi bahan campuran nasi di Jepang (Sumber foto: keepo.com)

Kastanye adalah nama lain dari Chestnut yang merupakan jenis kacang besar dari pohon Kuri. Musim gugur merupakan saat yang tepat untuk warga Jepang memanen kacang ini. Biasanya, mereka mengolah kastanye menjadi berbagai macam kuliner seperti kuri gohan (nasi kastanye) dan kuri okowa (nasi mochi kastanye).

4 of 5

3. Salmon

3. Salmon
Salmon sering dijadikan bahan utama kuliner khas musim gugur di Jepang seperti sushi dan sashimi (Sumber foto: wartabuana.com)

Sake atau salmon adalah ikan kedua yang populer disuguhkan menjadi sashimi setelah ikan tuna di Jepang. Dagingnya yang berwarna oranye yang menggoda, lembut, dan rendah lemak, menjadikan salmon sebagai bahan masakan lezat dan sehat untuk diolah. Warga Jepang biasanya menghidangkan salmon menjadi beberapa jenis masakan, seperti onigiri, sup ikan salmon, sushi, dan sashimi.

5 of 5

4. Dorayaki

4. Dorayaki
Kue khas Jepang dorayaki menjadi camilan favorit saat musim gugur di negeri sakura (Sumber foto: mybenita.com)

Makanan kesukaan Doraemon ini menjadi salah satu jenis kuliner yang sering dihidangkan saat musim gugur di Jepang. Rasanya yang gurih dengan tambahan kacang azuki di dalam dorayaki, membuat makanan tradisional Jepang ini digemari semua orang. Di Indonesia, dorayaki memiliki banyak variasi rasa yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.  

Lanjutkan Membaca ↓