Tidak Percaya Diri dalam Pergaulan? Ini 6 Langkah Mengatasinya

Oleh Liputan6.com pada 29 Apr 2018, 08:01 WIB
Tidak Percaya Diri Dalam Pergaulan? Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Bersosialisasi di tengah masyarakat adalah kebutuhan manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan baik dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita pasti tidak bisa menghindari keberadaan manusia lain di sekitar kita, karena keberadaan mereka termasuk kebutuhan untuk kita.

Lalu, apa jadinya jika kita merasa minder dan tidak percaya diri untuk berada di tengah masyarakat? Tentu hal ini akan mengganggu pergaulan. Karena kita akan cenderung menarik diri dan memilih sendiri. Untuk itu, sebaiknya kamu mengetahui beberapa tips agar kamu lebih percaya diri saat bersosialisasi dengan limgkungan.

Ini Tanda Tubuh Kelebihan Garam
2 of 4

1. Perbaiki Penampilan

1. Perbaiki Penampilan
Penampilan sangat penting untuk menunjang rasa percaya diri (Sumber foto: gazetamonitor.com)

Cobalah untuk menyesuaikan pakaian sesuai bentuk tubuhmu. Yang terpenting adalah pastikan kamu memakai pakaian yang memang nyaman dan merasa percaya diri ketika memakainya. Jangan ragu untuk sedikit memoles wajah dengan make up yang akan membuat wajah kamu lebih segar. Dengan cara ini kamu bisa merasa lebih menarik dan lebih percaya diri bergaul dengan lingkungan sekitar.

2. Terima Diri Apa Adanya

Kamu harus bisa menerima diri kamu apa adanya. Bukan berarti kamu pasrah dan tidak mau memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik. Pahami dirimu, apa yang kamu suka dan tidak suka. Pahami juga apa yang selama ini mencegah kamu dari pergaulan yang positif dan menyenangkan. Dengan demikian, kamu akan merasa nyaman dan bisa mengatasi minder dalam pergaulan yang selama ini kamu rasakan.

3 of 4

3. Banyak Membaca

3. Banyak Membaca
Dengan banyak membaca akan menambah wawasan untuk topik pembicaraan (Sumber foto: hiffingtonpost.com)

Untuk bisa bergaul dengan baik tentu kita membutuhkan topik pembicaraan yang menyenangkan. Kita bisa melakukannya dengan cara mengetahui topik-topik yang umum dibicarakan atau  menarik untuk diperbincangkan. Maka, kita perlu untuk selalu meng-update pengetahuan, salah satunya dengan membaca.

4. Kembangkan Kelebihanmu

Setiap manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tugas kita adalah untuk mengembangkan potensi atau kelebihan diri kita. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi minder dalam pergaulan, karena dengan mengoptimalkan kelebihan yang kamu miliki kamu bisa mendapatkan lebih banyak teman yang memiliki potensi yang sama.

4 of 4

5. Selalu Berpikiran Positif

Seringkali rasa minder yang dirasakan dalam pergaulan bermula dari pikiran-pikiran buruk atau negatif yang muncul. Misalnya, rasa khawatir tidak diterima oleh lingkungan pergaulan ataupun kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal ini perlu dihilangkan jika kamu ingin mengatasi rasa minder dalam pergaulan.

6. Banyak Berinteraksi dengan Orang Lain

Jika kamu memang ingin mengatasi rasa minder, ada baiknya kamu berani untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini menjadi tempat kamu bersembunyi. Banyak berinteraksi dengan orang lain juga akan menjadi ‘latihan’ untuk kamu agar perlahan-lahan bisa mengatasi rasa minder yang selama ini kamu rasakan.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓