Ingin Persahabatan Tetap Harmonis? Coba 8 Tips Berikut ini

Oleh Liputan6.com pada 28 Apr 2018, 08:00 WIB
Ingin Persahabatan Tetap Harmonis? Coba 8 Tips Berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sahabat yang baik tentu menjadi keinginan semua orang, apalagi dengan adanya sahabat, kamu bisa terbuka dengan masalah yang dihadapi untuk mencari solusi. Menjadi sahabat baik untuk sahabat kita tentu bukanlah hal yang mudah, kamu harus bisa menjaga sikap dengan baik, agar kehidupan persahabatan bisa berjalan dengan harmonis dan berlangsung lama.

Untuk menjaga hubungan persahabatan kalian tetap harmonis, coba delapan tips berikut ini.

Detik-Detik Pria Bersenjata Serang Hotel di Kenya

Tutup Video
2 of 5

1. Menjaga Komunikasi

1. Menjaga Komunikasi
Menjaga komunikasi sangat penting agar hubungan persahabatan tetap terjalin dengan baik (Sumber foto: usatoday.com)

Menjaga komunikasi dengan baik akan sangat membantu dalam menjaga keharmonisan persahabatan. Karena tanpa komunikasi yang baik, hubungan apapun tidak akan berjalan dengan baik. Bukan berarti harus setiap saat, minimal dalam satu hari kamu dan sahabat menjalin komunikasi walaupun hanya sekedar menanyakan kabar.

2. Jangan Sungkan Untuk Meminta Maaf

Sulitnya untuk memaafkan dan saling minta maaf diantara hubungan persahabatan justru akan membuat hubungan persahabatan semakin tidak baik. Jangan sungkan untuk meminta maaf, dengan begitu, sebesar apapun masalah yang kamu hadapi bisa diselesaikan dengan baik.

3 of 5

3. Menjaga Kepercayaan

3. Menjaga Kepercayaan
Saling percaya satu sama lain menjadi hal utama agar persahabatan tetap terjalin baik (Sumber foto: pinterest.dk)

Sebagai sahabat yang baik, tentu saja kamu harus bisa dipercaya oleh sahabatmu, begitupun sebaliknya. Dengan saling menjaga kepercayaan diantara hubungan persahabatan, akan membuat hubungan semakin harmonis . Hal tersebut juga bisa mengajarkan kita mengenai cara menjadi pribadi yang menyenangkan terutama untuk sahabat kita sendiri.

4. Quality Time

Melakukan liburan bersama pasangan memang seringkali kita lakukan. Dalam hubungan persahabatan pun sangatlah penting menjaga keharmonisan dengan merencanakan liburan bersama. Karena dengan quality time tersebut, kamu bisa saling mengerti satu sama lain dan bisa memberikan kedekatan diantara hubungan persahabatan.

4 of 5

5. Saling Jujur

Baik hubungan pasangan kekasih maupun persahabatan, harus selalu mengutamakan sifat kejujuran. Dengan saling terbuka satu sama lain, rasa kepercayaanpun akan meningkat. Jangan pernah sekalipun berbohong, biasanya orang yang sudah mempercayaimu sepenuhnya akan sulit untuk kembali percaya ketika mengetahui sahabatnya berbohong.

6. Selalu Ada Disaat Penting

Sebagai sahabat yang baik, tentu kamu tidak ingin melewatkan moment penting bagi sahabatmu. Untuk itu kamu harus selalu ada buat sahabat. Apalagi jika sahabatmu sedang dalam masalah, tentu kamulah orang pertama yang harus menghiburnya.

Meski hanya dukungan melalui pesan singkat dan telepon, hal ini tentu akan membuat persahabatan tetap terjaga dengan baik. Apalagi jika hubungan persahabatanmu berbeda kota. Sehingga harus mencari cara menjaga persahabatan jarak jauh.

5 of 5

7. Menjadi Pendengar yang Baik

Terkadang seseorang hanya ingin didengar tanpa mendengarkan, hal inilah yang justru akan menghancurkan hubungan persahabatan. Sebagai sahabat yang baik, kamu harus senantiasa menjadi pendengar yang baik bagi sahabatmu. Mendengarkan segala permasalahannya dan memberikan solusi atas apa yang terjadi pada sahabat kita, tentu akan menjaga hubungan persahabatan tetap baik.

8. Jangan Egois

Sikap egois terkadang membuat sebuah hubungan hancur. untuk itu, agar bisa menjaga hubungan persahabatan dengan baik, sebaiknya kamu menghindari sikap egois. Agar nantinya hubungan persahabatan akan terjalin dengan harmonis dan juga bisa berlangsung lama.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓