Sukses

Patut Dicoba, 7 Bahan Alami Ini Ampuh Samarkan Stretch Mark

Garis dan guratan yang muncul dalam kulit tentu akan mengganggu penampilan, Namun, untuk mengatasinya kamu bisa gunakan lima bahan alami ini.

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya guratan-guratan atau gari pada kulit bisa disebut dengan stretch mark. Biasnya stretch mark sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil atau selesai melahirkan.

Namun, tak bisa dipungkiri dengan bertambahnya berat badan juga bisa menjadi salah satu faktor muncul stretch mark. Meski begitu stretch mark sendiri merupakan tanda pada kulit yang sulit untuk dihilangkan.

Garis-garis yang membandel ini bisa dibilang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan kepercayaan diri.

Oleh karena itu, jika kamu salah satu orang yang juga mendapat kesulitan dari stretch mark. Berikut merupakan tujuh cara alami yang mudah untuk menghilangkannya secara efektif, melansir Shared.

1. Baby Oil

Setelah selesai mandi, kamu bisa keringkan kulit dan pijat area yang memiliki stretch mark menggunakan baby oil. Biarkan minyak itu meresap dalam kulit selama sejenak dan keajaiban baby oil akan membuat kulitmu terasa tetap halus.

Jika rutin dilakukan, baby oil mampu mengurangi garis stretch mark pada kulitmu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Soda kue

Untuk membuat ramuan penghilang strech mark, kamu perlu campur satu sendok makan bubuk soda serta jus dari satu lemon.

Setelah itu, letakan campuran kedua hal tersebut pada kulit yang memiliki stretch mark. Lalu rekatkan bagian kulit yang tercampur adonan bubuk dengan plastik di atasnya. Pastikan tak ada udara yang masuk.

Biarkan adonan itu pada kulit selama setengah jam. Kemudian bersihkan dengan air. Selain hilangkan strech mark, keduanya juga mampu hilangkan kulit mati.

3 dari 7 halaman

3. Cocoa butter

Terbuat dari bahan dasar cokelat, wangi krim ini snagat disukai banyak orang. Namun, untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan strech mark kamu bisa campurkan krim tersebut kurang lebih setengah cangkir. Bersama dengan satu sendok makan minyak aprikot.

Selain itu, tambahkan vitamin E, serta gandum di dalamnya bersama dua sendok lelehan lilin lebah. Setelah bahan-bahan selesai dicampurkan kamu bisa mengoleskan dan memijat area kulit yang memiliki strech mark. Terapkan hal ini setidaknya dua kali sehari untuk mendapat hasil yang terbaik.

4 dari 7 halaman

4. Bubuk kopi

Bubuk kopi memang terkenal sejak dulu bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Selain menghaluskan, ternyata bubuk kopi juga baik untuk menghilangkan stretch mark.

Untuk melakukannya, kamu perlu mencampurkan bubuk kopi dengan air sampai tersbentuk tekstur seperti adonan. Setelah itu, gosok dengan lembut pada area stretch mark sambil melakukan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Kemudian bilas dengan air sambil dipijat dengan baby oil atau minyak zaitun. Kandungan anti-oksidan pada bubuk kopi mampu memperbaiki kulit.

5 dari 7 halaman

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa memang terkenal sejak dulu tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga baik bagi kulit. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk stretch mark selama dua kali sehari sambil dipijat.

Khasiat yang baik dari minyak kelapa akan terserap pada kulit dan mampu untuk memperbaiki kulit stretch mark menjadi lebih baik.

6 dari 7 halaman

6. Vicks vapor rub

Di Indonesia, Vicks vapor rub terkenal sebagai salep yang berguna untuk mengatasi flu dan pilek. Ternyata, salep ini juga berguna untuk menghilangkan garis stretch mark pada tubuh.

Kamu bisa menggunakannya ke area kulit dan tubuh yang memiliki stretch mark sambil kemudian dipijat. Setelah itu, letakan plastik di sekitar area kulit yang sudah dipijat.

Biarkan salep meresap ke dalam kulit hingga 10 menit dan rasakan khasiatnya.

7 dari 7 halaman

7. Lidah buaya

Jel dari lidah buaya memang terkenal memiliki banyak kegunaan untuk kulit kita. Selain memberikan kelembapan hal, kandungan aloe vera juga berguna untuk menghilangkan stretch mark.

Setidaknya oleskan gel lidah buaya selama 20 menit dan setiap hari. Untuk memberikan hasil yang maksimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.