Sukses

Foto Pejabat Ini Diedit, Hasilnya Kocak dan Bikin Warganet Tertipu

Wali Kota dan wakilnya pada sebuah kota di Brasil jadi sorotan dan bahan tertawaan publik setelah fotonya diedit .

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wali kota bagian negara Rio Grande do Sul, Brasil, baru-baru ini menjadi perhatian publik. Bukan karena prestasinya, melainkan menjadi lelucon bagi para warganya.

Hal itu terjadi karena José Arno Appolo do Amaral, Wali Kota Alvorada, sepertinya menyuruh bawahannya untuk mengedit foto dirinya bersama dengan wakilnya, Valter Slayfer. Dalam Foto tersebut keduanya terlihat seperti mengawasi pengerukan di Alvorada Municipality.

Melansir Oddity Central, Rabu (25/4/2018), mereka menunjukkan foto tersebut dengan keterangan bahwa kedua pejabat telah melakukan kunjungan. Sekilas memang tak ada yang salah dari foto tersebut. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, objek foto kedua pejabat itu terlihat tak halus, seperti diedit dengan photoshop.

Tahu bahwa wali kota dan wakilnya merekayasa kunjungan tersebut, warga setempat akhirnya menanggapi ulah petinggi daerah mereka dengan meme sindiran. Meme-meme tersebut bahkan telah beredar hingga menjadi perbincangan viral warganet.

Untuk memastikan foto editan tersebut, warga dan media setempat berusaha untuk mencari foto itu melalui Facebook resmi milik pemerintah. Sayangnya, usai viral di medsos, foto tersebut telah hilang atau dihapus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wali kota membenarkan bahwa foto palsu

Ketika dihubungi oleh surat kabar lokal, Correiro do Povo, humas Kota Alvorda menyangkal foto editan tersebut. Lucunya, saat diminta penjelasan mengapa foto itu dihapus, mereka tak mampu untuk menjawab.

Namun, staf komunikasi kota tersebut bersikeras bahwa pengerjaan pengerukan telah dilaksanakan tanpa adanya perdebatan. Terlebih lagi pihak yang bersangkutan, yakni Wali kota Amaral mengatakan sendiri bahwa foto itu tampak palsu ketika ditanya pers.

Dia sendiri mengungkapkan bahwa dirinya tidak memiliki keterlibatan apa pun dalam publikasi. Namun, wali kota itu berjanji kepada siapapun yang bertanggung jawab atas kesalahan ini tidak akan dipecat, malahan akan diapresiasi.

"Sisi baiknya, saya menjadi sangat populer di dunia maya, mungkin saya akan mencalonkan diri sebagai senator," kata Amaral dengan nada bercanda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.