Foto Pejabat Ini Diedit, Hasilnya Kocak dan Bikin Warganet Tertipu

Oleh Nur Aida Tifani pada 25 Apr 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2018, 12:00 WIB
Pejabat Brazil Jadi Bahan Tertawaan Setelah Fotonya Diedit

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wali kota bagian negara Rio Grande do Sul, Brasil, baru-baru ini menjadi perhatian publik. Bukan karena prestasinya, melainkan menjadi lelucon bagi para warganya.

Hal itu terjadi karena José Arno Appolo do Amaral, Wali Kota Alvorada, sepertinya menyuruh bawahannya untuk mengedit foto dirinya bersama dengan wakilnya, Valter Slayfer. Dalam Foto tersebut keduanya terlihat seperti mengawasi pengerukan di Alvorada Municipality.

Melansir Oddity Central, Rabu (25/4/2018), mereka menunjukkan foto tersebut dengan keterangan bahwa kedua pejabat telah melakukan kunjungan. Sekilas memang tak ada yang salah dari foto tersebut. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, objek foto kedua pejabat itu terlihat tak halus, seperti diedit dengan photoshop.

Tahu bahwa wali kota dan wakilnya merekayasa kunjungan tersebut, warga setempat akhirnya menanggapi ulah petinggi daerah mereka dengan meme sindiran. Meme-meme tersebut bahkan telah beredar hingga menjadi perbincangan viral warganet.

Untuk memastikan foto editan tersebut, warga dan media setempat berusaha untuk mencari foto itu melalui Facebook resmi milik pemerintah. Sayangnya, usai viral di medsos, foto tersebut telah hilang atau dihapus.

2 dari 2 halaman

Wali kota membenarkan bahwa foto palsu

Pejabat Brazil Jadi Bahan Tertawaan Setelah Fotonya Diedit
(Foto: Oddity Central) Salah satu meme yang dibuat warga.

Ketika dihubungi oleh surat kabar lokal, Correiro do Povo, humas Kota Alvorda menyangkal foto editan tersebut. Lucunya, saat diminta penjelasan mengapa foto itu dihapus, mereka tak mampu untuk menjawab.

Namun, staf komunikasi kota tersebut bersikeras bahwa pengerjaan pengerukan telah dilaksanakan tanpa adanya perdebatan. Terlebih lagi pihak yang bersangkutan, yakni Wali kota Amaral mengatakan sendiri bahwa foto itu tampak palsu ketika ditanya pers.

Dia sendiri mengungkapkan bahwa dirinya tidak memiliki keterlibatan apa pun dalam publikasi. Namun, wali kota itu berjanji kepada siapapun yang bertanggung jawab atas kesalahan ini tidak akan dipecat, malahan akan diapresiasi.

"Sisi baiknya, saya menjadi sangat populer di dunia maya, mungkin saya akan mencalonkan diri sebagai senator," kata Amaral dengan nada bercanda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓